Kepala BNPB Doni Monardo, Foto: Istimewa

Kepala BNPB Doni Monardo, Foto: Istimewa

Doni: Pesan Presiden, Keselamatan Rakyat adalah Hukum Tertinggi 

Indonesia saat ini tidak hanya menghadapi bencana alam saja, melainkan juga bencana non-alam yaitu pandemi corona.

Kamis, 03 Desember 2020 | 22:48 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Lumajang - Dalam penanganan bencana, keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi. Hal itu merupakan pesan dan arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo saat meninjau penanganan erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (3/12/2020). 

"Memastikan bahwa keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi," ucap Doni dalam keterangan rilisnya, Kamis (3/12/2020). 

Doni menyampaikan hal itu di hadapan para pejabat pemangku kebijakan di daerah yang turut dalam rombongan. Doni yang juga sekaligus sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, meminta agar manajemen penanganan, baik untuk erupsi Semeru maupun penanganan pengungsian agar terlaksana dengan baik. 

Menurutnya Indonesia saat ini tidak hanya menghadapi bencana alam saja, melainkan juga bencana non-alam yaitu pandemi Covid-19. "Maka manajemen untuk penanganan di pengungsian harus betul-betul terlaksana dengan baik," lanjutnya.  

Doni dalam kunjungannya menyerahkan bantuan berupa dana siap pakai (DSP) senilai Rp 500 juta untuk penanganan erupsi dan aktivitas Gunung Semeru. Selain itu, BNPB memberikan dukungan lain berupa 3 unit tenda pengungsi, 1 unit flexibel tank, 5.000 swab test antigen, 500 paket perlengkapan bayi, 1.200 tambahan gizi, 1.200 paket lauk pauk, 1.200 makanan siap saji, 4.000 masker kain, 950 matras, 1.480 selimut dan 12 unit lampu air garam. 

Seperti diberitakan, Gunung Semeru meletus dan mengeluarkan awan panas, Selasa (1/12/2020) dini hari.

BERITA TERKAIT:
Doni: Pesan Presiden, Keselamatan Rakyat adalah Hukum Tertinggi 
Satgas Ungkap Klaster Kerumunan FPI, 77 Orang Positif Covid-19


tags: #doni monardo #keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI