Ilustrasi sapi, Foto: Istimewa

Ilustrasi sapi, Foto: Istimewa

Beri Motivasi Peternak, Pemkab Temanggung Gelar Kontes Sapi

Lomba ini sebagai bentuk apresiasi dari Pemkab Temanggung kepada peternak.

Kamis, 03 Desember 2020 | 22:06 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Temanggung - Guna memberikan motivasi kepada para peternak agar memelihara ternaknya dengan baik, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar kontes sapi.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung Slamet Saryono di Temanggung, Kamis (3/12/2020), di tengah pandemi COVID-19 ini pelaksanaan kontes berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni ternak yang dikonteskan harus dibawa ke lokasi kontes.

Tapi di saat pandemi ini, kata Slamet, ternak peserta kontes tetap berada di kandangnya nantinya tim juri yang mendatangi untuk memberikan penilaian.

BERITA TERKAIT:
Temanggung Akan Tambah Desa Siaga Bencana, Ini Alasannya
Atap MTs Islam Al Pare Temanggung Rubuh
Anggaran Sekitar Rp2,1 M, Disiapkan Pemkab Temanggung untuk Penanganan Bencana
Vaksinasi COVID-19 di Temanggung di Mulai Awal Februari
Bupati Khadziq Tegaskan Cabai Temanggung Berkualitas Bagus
PAD DPMPTSP Kabupaten Temanggung Lampaui Target
Polres Temanggung Musnahkan 3.035 Botol Minuman Beralkohol

Kontes ternak ini, lanjutnya, untuk mengevaluasi program-program Dinas Perikanan dan Peternakan sejauh mana direspon oleh masyarakat yakni program kegiatan tentang peningkatan produksi dan produktifitas ternak.

Kegiatan ini, tambah Slamet, dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dari Pemkab Temanggung kepada peternak yang berprestasi guna menghasilkan bibit ternak maupun bakalan yang unggul dan produktif.

Selain itu, kontes ternak tersebut bertujuan memberikan penghargaan kepada para peternak yang telah berupaya menghasilkan ternak sapi potong berkualitas. Meningkatkan minat dan motivasi peternak, pelaku usaha peternakan untuk memproduksi ternak bibit dan ternak potong yang berkualitas.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga diharapkan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat umum sekaligus ajang mempromosikan bibit ternak dan ternak potong yang berkualitas. "Kegiatan ini juga sebagai bahan evaluasi kepada para petugas teknis dan penentu kebijakan pengembangan peternakan di Kabupaten Temanggung," ucapnya.

Kontes tersebut, ungkap Slamet, tercatat sudah ada59 peternak mendaftar dalam kontes ini dengan jumlah sapi sebanyak 100 ekor dengan kategori atau kelas dalam kontes ini meliputi kelas pedet jantan, kelas indukan, bakalan super, dan kelas ekstrem.


tags: #kabupaten temanggung #kontes sapi #dinas perikanan dan peternakan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI