Anggota MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Agustina Wilujeng Pramestuti, SS, MM bersama narasumber saat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Rabu (2/112) di Pendopo Kabupaten Sragen.

Anggota MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Agustina Wilujeng Pramestuti, SS, MM bersama narasumber saat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Rabu (2/112) di Pendopo Kabupaten Sragen.

AWP: Tokoh Masyarakat Simpul Empat Pilar Kebangsaan

Tokoh Masyarakat harus laksanakan ideologisasi Empat Pilar Kebangsaan.

Rabu, 02 Desember 2020 | 19:42 WIB - Didaktika
Penulis: Penaka Kemalatedja . Editor: Kuaka

KUASAKATACOM, SRAGEN - empat pilar kebangsaan sebagai fondasi kehidupan bernegara membutuhkan simpul pengikat agar lebih kuat menyangga rumah Indonesia. "Simpul-simpul itu ada pada para tokoh masyarakat, yang juga merupakan modal sosial penting," kata anggota MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Agustina Wilujeng Pramestuti.

Agustina mengemukakan hal itu saat menyampaikan Sosialisasi empat pilar Kebangsaan Bersama Tokoh Masyarakat  dan kader PDI Perjuangan di Sragen, Rabu (2/12). Forum sosialisasi diikuti para tokoh masyarakat dari berbagai wilayah di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Hadir pula narasumber Untung Wibowo Sukowati (anggota DPRD Provinsi) dan Suparno (Ketua DPRD Kab Sragen).

BERITA TERKAIT:
Agustina Wilujeng Gagas Ekonomi Kreatif Berbasis Empat Pilar Kebangsaan
Agustina Wilujeng Sarankan Perkuat Empat Pilar secara Kreatif
Hari Ini, DPD PDI Perjuangan Jatim Studi Banding ke DPD PDIP Jateng Terkait Komandante Stelsel
Selamatkan Situs-Situs Memori Sejarah Sukarno
Di Parapat, Bung Karno Mengatur Republik dari Balik Bilik

Ibarat penyangga bangunan rumah, empat pilar Kebangsaan harus kokoh. Pemahaman masyarakat pun harus kuat untuk bisa diterapkan dalam kehidupan riil sehari-hari. "Di sinilah peran penting tokoh masyarakat sebagai opinion leader," Kata Agustina.

Dijelaskan, empat pilar itu meliputi Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika. Untuk mengikat empat pilar itu sebagai satu kesatuan tak terpisahkan, simpul-simpul pengikat ada pada para tokoh masyarakat.

Para tokoh masyarakat adalah modal sosial bagi ketahanan masyarakat dan bangsa. Dua konsep dan realitas yang tidak dapat dipisahkan dalam pembangunan masyarakat. Kapital sosial wujud dalam keperangkatan, kepranataan dan nilai-nilai sosial di masayakat, yang merupakan sumber daya bagi pembangunan masyarakat.

Modal sosial atau kapital sosial telah berperan dalam penguatan ketahanan sosial masyarakat, khususnya dalam memenuhi kebutuhan sosial dasar, mengatasi masalah sosial dan memperkuat hubungan-hubungan sosial. Peran modal sosial akan masih terbatas, baik jangkauan maupun skala kegiatannya jika tidak diikuti dengan membangun jejaring secara sinergis dalam kelembagaan satu dengan lainnya.

Jejaring Sinergis
"Forum-forum seperti ini sebetulnya bisa dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk membangun jejaring sinergis. Sehingga, para tokoh masyarakat juga membangun kekuatan jaringan yang lebih luas. Ini penting untuk saling menguatkan dan mengeksplorasi ruang kegiatan," tandas Agustina yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI.

empat pilar Kebangsaan berfungsi sebagai pengikat simpul-simpul dalam sistematika ketatanegaraan dan hubungan kekuasaan dalam pengelolaan negara.
"Pada saat pandemi ini misalnya, peran tokoh masyarakat sangat vital. Kepada para tokoh inilah, warga masyarakat mendapatkan tumpuan dan harapan pertama untuk mengatasi situasi pandemi. Di sini, pemahaman empat pilar kebangsaan menjadi sangat penting," ujarnya.

Dengan pemahaman itu, para tokoh masyarakat tidak hanya sebatas menjalankan tugas instruktif dan administratif, melainkan juga melaksanakan ideologisasi empat pilar kebangsaan dengan tujuan memperkuat kejiwaan berbangsa dan bernegara di tengah masyarakat. "Warga masyarakat dengan kesadaran itu bisa mengatasi situasi sulit akibat pandemi sebagai bagian dari perjuangan bangsa," kata dia.


tags: #agustina wilujeng #anggota #empat pilar #sosialisasi empat pilar

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI