Wujudkan Toleransi di Masa Pandemi, Kemendikbud Gelar Lomba Cipta Puisi Mahasiswa Berhadiah Puluhan Juta

Ayo mahasiswa, rebut kesempatan ini!

Selasa, 08 Desember 2020 | 16:37 WIB - Didaktika
Penulis: Penaka Kemalatedja . Editor: Kuaka

KUASAKATACOM, SEMARANG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Lomba Cipta Puisi Mahasiswa bertemakan Budaya Toleransi di Masa Pandemi Covid-19. Tema itu sengaja dipilih untuk melihat bagaimana respon mahasiswa Indonesia atas wabah Covid-19. Kemendikbud mengharapkan, melalui puisi, mahasiswa dapat mewujudkan dan mengembangkan, juga menggambarkan sikap dan budaya toleransi yang hadir di masyarakat di saat menghadapi wabah yang luar biasa ini.

''Melalui puisi, diharapan didapatkan gambaran bagaimana mahasiswa merespon wabah Covid-19 ini, terutama berkaitan dengan budaya toleransi dan kegotongroyongan. Sikap mahasiswa yang diwujudkan dalam bentuk puisi itu, bagaimanapun adalah cermin dari kenyataan yang sebenarnya. Sehingga dapat juga menjadi ukuran bagaimana di tengah pandemi, generasi muda kita, kaum milenial, merespon hal itu,'' kata Ardiyansah, salah satu panitia lomba dalam rilis yang diterima redaksi, siang tadi.

Ardiansyah menjelaskan, Kemendikbud menunjuk Galeri Gallery sebagai panitia dalam pelaksanaan lomba kali ini. Karena itu, mereka memastikan akan menjaring peserta dari seluruh Indonesia, agar mendapatkan gambaran yang lebih utuh bagaimana mahasiswa mengembangkan toleransi di masa pandemi ini.  Dalam rilis itu, panitia juga menuliskan syarat dan ketentuan bagi mahasiswa yang ingin mengikuti lomba dengan hadiah yang mencapai Rp 27,5 juta itu.

BERITA TERKAIT:
Usai PPKM Mikro, Boyolali Bakal Terapkan Pembelajaran Tatap Muka
PGRI Minta Kemendikbud Tak Keluarkan Pernyataan yang Meresahkan Guru
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud: Kebijakan Sekolah Tidak Sesuai Aturan Pemerintah
Kemendikbud Buka Pendaftaran SNMPN
Video: Mahasiswa Undip, Raih Juara Lomba Cipta Puisi Piala Mendikbud
Pemenang Lomba Cipta Puisi Mahasiswa Diumumkan!
Besok, Juara Lomba Cipta Puisi Mahasiswa Diputuskan

''Kami juga akan membukukan karya-karya mahasiswa. Sehingga dapat menjadi dokuman dan gambaran untuh dari sikap mereka saat menghadapi pandemi ini,'' terangnya.

Berikut syarat dan ketentuan mengikuti lomba, sebagaimana tertera di flyer di bawah ini:

<a href='https://kuasakata.com/berita/tags/lomba-cipta-puisi-mahasiswa'>Lomba Cipta Puisi Mahasiswa</a>


tags: #kemendikbud #lomba cipta puisi mahasiswa

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI