Poster Lomba Cipta Puisi oleh Kemendikbud

Poster Lomba Cipta Puisi oleh Kemendikbud

Besok, Juara Lomba Cipta Puisi Mahasiswa Diputuskan

Ke-27 peserta terbaik akan diundang dalam penganugerahan hasil lomba.

Selasa, 29 Desember 2020 | 15:55 WIB - Didaktika
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang – Tiga juri Lomba Cipta Puisi Mahasiswa telah menentukan 100 karya terbaik. Ketiga juri tersebut adalah Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, seniman Rieke Dyah Pitaloka, dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti yang bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selanjutnya dewan juri akan memutuskan juara lomba yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini besok, Rabu (30/12).

Dari 100 puisi yang dipilih, akan diperas menjadi 27 karya terbaik. Kemudian diperas lagi menjadi tiga karya terbaik dan tiga juara harapan. Ketua Panitia Lomba Dr Teguh Hadi Prayitno, MM MHum MH mengatakan jumlah peserta keseluruhan mencapai 712 mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Dari lomba ini, dapat dilihat jika mahasiswa dapat menuangkan keindahan dan kreativitas melalui puisi secara baik,” katanya, Selasa (29/12).

BERITA TERKAIT:
Jokowi Bertemu Megawati Sebelum Kementerian Dirombak
Ristek Gabung dengan Kemendikbud, DPR Dorong BRIN Tetap Eksis
DPR Setujui Penggabungan Kemendikbud dan Kemenristek
Kemendikbud Siapkan Panduan Sekolah Tatap Muka Terbatas Juli 2021
Komisi X DPR Dukung Langkah Nadiem Launching KIP Kuliah Merdeka
Usai PPKM Mikro, Boyolali Bakal Terapkan Pembelajaran Tatap Muka
PGRI Minta Kemendikbud Tak Keluarkan Pernyataan yang Meresahkan Guru

Selain itu, lanjut dia, mahasiswa sangat responsif dalam menanggapi isu-isu dan lingkungan sekitar. Hal ini sesuai dengan tema lomba, yakni Budaya Toleransi di Masa Pandemi Covid-19. Tema itu sengaja dipilih untuk melihat bagaimana respon mahasiswa Indonesia atas wabah Covid-19. 

Kemendikbud mengharapkan, melalui puisi, mahasiswa dapat mewujudkan dan mengembangkan, juga menggambarkan sikap dan budaya toleransi yang hadir di masyarakat di saat menghadapi wabah yang luar biasa ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia menyebut ke-27 peserta terbaik akan diundang dalam acara penganugerahan, Kamis (31/12). Sementara 100 karya terbaik akan dibukukan. Sehingga dapat menjadi dokuman dan gambaran utuh dari sikap mereka saat menghadapi pandemi ini.


tags: #kemendikbud #lomba cipta puisi mahasiswa

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI