Polda Jabar Cari Keberadaan Erwan Sa'ad Deklarator Laskar Jundullah

Warga yang ikut dalam deklarasi itu, jelas Erdi tidak mengetahui soal Laskar Jundullah atau Tentara Allah.

Rabu, 06 Januari 2021 | 11:49 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Bandung- Deklarator bernama Erwan Sa'ad yang menginisiasi deklarasi Laskar Jundullah atau Tentara Allah di Bandung Barat, saat ini dicari pihak kepolisian. Rencananya Polda Jawa Barat akan memintai keterangan pemimpin deklarasi tersebut terkait dengan yang mereka sampaikan.

"Sampai sekarang sedang kita cari untuk mintai keterangan mengapa yang bersangkutan melakukan seperti itu," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago di MaPolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (6/1/2021).

BERITA TERKAIT:
Identitas Pelaku Bom Bunuh Diri Terungkap, Pernah Dipenjara 4 Tahun Kasus Terorisme
Viral Video Suami Cekik dan Injak Istri di Depan Anak, Polda Jabar: Kita Cek Dulu
Polisi Ringkus Pelaku Pembunuhan Anak Perempuan di Cimahi
Pasca Rusuh, Kapolda Jateng Bina 168 Anggota GMBI
GMBI Demo Ricuh di Polda Jabar, 16 Orang Positif Narkoba!

Erwan Sa'ad, sampai saat ini belum diketahui keberadaannya. Video deklarasi Tentara Allah yang dilakukan Erwan Sa'ad menjadi viral di media sosial. Saat ini, kata Erdi, polisi tengah mencari sosok pria yang disebut ustaz ini.

Warga yang ikut dalam deklarasi itu, jelas Erdi tidak mengetahui soal Laskar Jundullah atau Tentara Allah. Erdi menambahkan jemaah tersebut, hanya mengikuti permintaan ustaz Erwan.

"Jadi ketika viral, mereka mengikuti. Sekarang dalam beberapa waktu kemudian ada klarifikasi bahwa masyarakat tersebut tidak ikut-ikutan lagi. Jadi yang namanya masyarakat, tidak mengerti. Mereka melihat seorang ustaz, dia meminta umat di salah satu wilayahnya itu untuk mengikuti sebagai Laskar Jundullah itu," ungkapnya.

Erdi menambahkan setelah warga mempelajari dan paham dengan yang disampaikan Erwan, mereka langsung membuat klarifikasi. Isi klarifikasi tersebut, yakni:

'Kami warga Kampung Cicalengka/Sasak Bubur dengan terbitnya deklarasi Jundullah yang dipimpin oleh Bapak Ustadz Erwan Sa'ad hari Jumat 1 januari 2021 jam 13.00 WIB bertempat di Masjid Jami Lembur Sawah, dengan ini kami warga masyarakat menolak dan membatalkan deklarasi tersebut. Demikian pernyataan bersama ini kami buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun'.

Surat pernyataan bersama itu ditandatangani oleh sebanyak 14 orang. Mereka sebelumnya mengaku hadir saat pembacaan deklarasi yang dipimpin Erwan.

Di media sosial ramai beredar video sekelompok warga yang merupakan jemaah masjid di Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Bandung Barat (KBB), mereka mendeklarasikan pembentukan Jundullah atau Tentara Allah. Dalam video berdurasi 2,51 menit itu, terlihat pimpinan jemaah berdiri di tengah dalam balutan gamis putih mengucapkan deklarasi pembentukan jemaah Tentara Allah dibarengi jemaah yang lain.

Pimpinan jemaah bernama Erwan Sa'ad yang juga membacakan deklarasi tersebut.

***

tags: #polda jabar #laskar jundullah #bandung #tentara allah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI