Salah satu lokasi pabrik spring bed isi kardus di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Rabu (6/1), Foto: istimewa

Salah satu lokasi pabrik spring bed isi kardus di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Rabu (6/1), Foto: istimewa

Ini dia Lokasi Pabrik Pembuatan Springbed Abal- Abal di Tegal

Sentra produksi kasur tersebut ada di Desa Tembok Luwung dan Gerobog Kulon.

Kamis, 07 Januari 2021 | 09:13 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Tegal - Spring bed abal-abal berisi kardus ternyata buatan asal Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Ada dua desa di Kecamatan Pangkah yang terkenal jadi lokasi produksi spring bed abal-abal itu. Camat Pangkah Bambang Sihana menyebut sentra produksi kasur tersebut ada di Desa Tembok Luwung. Kemudian di Desa Gerobog Kulon hanya ada dua orang produsen.

"Kalau sentranya itu di Desa Tembok Luwung, di Gerobog Kulon hanya dua," ungkap Bambang Sihana, Rabu (6/1).

Di rumah produksi spring bed milik Riyanto tampak sejumlah bahan baku yang berserakan. Di antaranya kayu, tali karet, kardus, dan busa tipis. Selain bahan baku, ada rangka kasur yang masih bolong belum dirakit dengan tali karet, hingga produk spring bed abal-abal yang sudah jadi dan siap jual. Di lokasi terlihat kayu usang yang digunakan sebagai bahan teronggok di lantai.

BERITA TERKAIT:
Pemotor di Tegal Tewas Diserempet Truk
PMT Tegal Launching Delapan Buku Karya Sastra Indonesia
Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Tegal Lakukan Penggalangan Dana
Petani di Tegal Susah Dapat Pupuk Bersubsidi
MTs Muhammadiyah Dukuhturi Kab Tegal Adakan Lomba Baca dan Cipta Puisi Virtual
Salah Hitung, Jatah Vaksin Corona untuk Nakes di Tegal Berkurang
Warga Tarub Tegal Usulkan Ada SMA Negeri

Di ruangan lain ada kardus bekas, busa tipis, besi pegas, tali karet, dan kain yang bakal digunakan sebagai cover. Spring bed isi kardus buatan Riyanto ini dijual sekitar Rp 150 ribuan untuk ukuran kasur 180x200 cm. "Pakainya kayak gini. Makanya harga jualnya murah, Rp 155 ribu," ungkap Riyanto.

Ia menambahkan, tahapan membuat kasur diawali dengan merakit rangka kayu. Setelah kerangkanya terbentuk baru dililitkan kain atau tali dari bahan ban bekas sebagai penyangga.

Kemudian kerangka yang sudah jadi tersebut dilapisi dengan kardus. Baru setelahnya dilapisi dengan busa tipis. "Busa ini untuk spring bed terasa empuk kalau dipakai," tukasnya.

Tahap akhir pembuatan spring bed ini adalah membungkusnya dengan cover dari kain, dan siap dipasarkan. Riyanto mengaku tak membatasi harga jual produknya di pasaran dan membebaskan sales untuk mengambil keuntungan.

"Harga di sini punya saya Rp 155 ribu. Mereka ambil nanti kalau laku baru bayar. Mereka mau menjual berapa terserah, sebisanya sales mau jual berapa," pungkasnya.


tags: #kabupaten tegal #spring bed abal-abal #berisi kardus

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI