Jelang Pelantikan Biden, Garda Nasional Dikerahkan di Washington

Namun tidak dijelaskan perkembangan apakah yang terjadi di Selasa (12/1) malam, sehingga mengakibatkan Pasukan Garda Nasional berada di Ibu kota itu.

Rabu, 13 Januari 2021 | 21:38 WIB - Internasional
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, New York- Jelang pelantikan Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden, Pasukan Garda Nasional mulai dikerahkan di jalan-jalan Washington, Amerika Serikat dengan membawa senjata pada Selasa (12/1/2021) malam waktu setempat. 

Tentara Garda Nasional, seperti dilansir AFP, Rabu (13/1/2021), awalnya dimobilisasi untuk memberikan sebagian besar dukungan logistik kepada polisi Washington. Sementara itu, pada hari Senin (11/1) Jenderal Daniel Hokanson, kepala Biro Pengawal Nasional Pentagon, mengatakan mereka belum diberi wewenang untuk membawa senjata.

Dijelaskan Hokanson anggota Garda diberi wewenang ditempatkan dalam peran penegakan hukum, dipersenjatai dan diberdayakan untuk melakukan penangkapan, akan menjadi "upaya terakhir" jika situasi keamanan sudah tidak terkendali.

BERITA TERKAIT:
Pelantikan Biden Rampung, 150 Tentara AS Positif COVID-19
Usai Baca Puisi di Pelantikan Biden, Buka Amanda Laris Manis
28 Pejabat Tinggi Era Presiden Trump Diberi Sanksi China
Puan Berharap Pelantikan Joe Biden Perkuat Penanganan Covid-19 dan Perdamaian Dunia
AS Kembali Gabung Perjanjian Iklim Paris, Uni Eropa Sambut Baik
Bamsoet Ucapkan Selamat Kepada Presiden Baru AS – dilantik 20 Januari 2021 waktu AS
Usai Dilantik Biden akan Perbanyak Pembangunan Rumah di AS

Namun tidak dijelaskan perkembangan apakah yang terjadi di Selasa (12/1) malam, sehingga mengakibatkan Pasukan Garda Nasional berada di Ibu kota itu.

Sedangkan menurut salah seorang pakar keamanan, dalam beberapa hari terakhir obrolan antara ekstremis dan pendukung Presiden Donald Trump di media sosial melonjak. Obrolan itu terkait dengan aksi protes bersenjata dan ancaman kekerasan di ibu kota AS dan kota-kota lainnya, telah melonjak .

Sebanyak 15.000 personel Garda Nasional telah dimobilisasi Departemen Pertahanan AS atau Pentagon untuk pelantikan Biden pada 20 Januari. Hal ini karena Donald Trump dan pendukungnya masih menolak untuk menerima kemenangan Biden dalam Pilpres AS pada November 2020 lalu.

6 Januari 2021, diberitakan lima orang tewas ketika massa pendukung Trump menyerang gedung Capitol AS. Saat itu massa pendukung Trump menyerbu saat Kongres AS tengah bersidang untuk mengesahkan kemenangan Biden.

Pasukan Garda Nasional, saat itu berada di dekat Capitol, tetapi tidak bersenjata dan terlambat dihubungi untuk membantu Polisi Capitol melindungi Kongres AS.

The New York Times melaporkan bahwa penggunaan senjata telah diotorisasi pada Selasa (12/1) untuk pasukan yang menjaga kompleks gedung Capitol.


tags: #joe biden #amerika serikat #trump

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI