Pekerja Pertamina JBT, Lakukan Donor Plasma Darah di PMI

Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian dari pekerja Pertamina yang secara sukarela ingin membantu dalam kesembuhan pasien COVID-19.

Sabtu, 16 Januari 2021 | 17:40 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Sebagai bentuk kepedulian Pertamina khususnya di Pertamina regional Jawa Bagian Tengah (JBT), 30 orang pekerja Pertamina Regional JBT yang sebelumnya menjadi pasien Covid-19 dan dinyatakan telah sembuh, tergerak mendonorkan plasma darahnya pada Jumat dan Sabtu (15-16/1) dan diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang, Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Executive General Manager Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) Sylvia Grace Yuvenna. "Pekerja tersebut dipastikan sudah sembuh dari penyakit yang disebabkan oleh Covid-19 yang dibuktikan dengan hasil SWAB PCR sebanyak 2 kali dan negatif," ucap Sylvia.

Sedangkan menurut Medical Manager Pertamina Jawa Bagian Tengah Dr. Datuk Fachrul Razy, terapi Plasma Darah konvalesen telah digunakan di beberapa negara selain Indonesia seperti Amerika dan Eropa.

BERITA TERKAIT:
Pekerja Pertamina JBT, Lakukan Donor Plasma Darah di PMI
Gubernur Jateng Ajak Pasien Corona yang Sudah Sembuh Agar Donor Plasma Darah
Video: Dukung Penanganan Corona, Hendi Jadi Relawan Donor Plasma Darah
Dukung Terobosan Penanganan Corona, Hendi Jadi Relawan Donor Plasma Darah
Jokowi: Pengujian Plasma Darah Maju Signifikan

"Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian dari pekerja Pertamina yang secara sukarela ingin membantu dalam kesembuhan pasien Covid-19 dan pemberian donor Plasma Darah yang dilakukan Pertamina JBT merupakan kali pertama yang dilakukan oleh Pertamina," ungkap Fachrul.

Virus Covid-19 yang pernah menginfeksi sebelumnya, jelas Fachrul, menjadi kesempatan untuk memberikan pertolongan bagi pasien yang saat ini sedang berjuang untuk sembuh.

"Terlebih lagi Jawa Bagian Tengah merupakan salah satu wilayah utama tujuan pemudik dan turis maupun asal daerah pekerja Pertamina baik yang masih aktif maupun yang purnabakti. Beberapa waktu terakhir pun peningkatan pasien COVIDnya cukup tinggi, sehingga dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat membantu mengurangi dampak penyebaran Covid-19," harapnya.

Seperti diketahui, terapi plasma konvalesen dikenal sebagai salah satu metode penyembuhan bagi pasien Covid-19, khususnya yang dalam kondisi kritis yaitu dengan memberikan Plasma Darah pasien Covid-19 yang sudah sembuh kepada Plasma Darah pasien yang sedang sakit.

Terapi itu dinilai cukup efektif, karena antibodi yang telah terbentuk pada diri pasien yang sudah sembuh dapat membantu pembentukan antibodi bagi pasien yang sedang sakit, sehingga dapat mempercepat proses kesembuhan.

Terapi plasma konvaselen semakin dibutuhkan, disaat angka pasien Covid-19 semakin tinggi. Terapi ini pun marak digaungkan di tengah masyarakat melalui jejaring sosial media.


tags: #plasma darah #pertamina #covid-19 #pmi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI