Desain Terminal Tipe A Bobotsari, Purbalingga. (Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga)

Desain Terminal Tipe A Bobotsari, Purbalingga. (Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga)

Disiapkan Anggaran Rp40 M, Terminal Tipe A Dibangun di Purbalingga

Terminal Bobotsari rencananya akan dibangun di lahan seberang jalan raya dari lokasi terminal yang ada sekarang.

Selasa, 19 Januari 2021 | 15:05 WIB - Ragam
Penulis: Joko Santoso . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Purbalingga- Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub RI) tahun 2021 akan memulai pembangunan terminal Tipe A, yang berlokasi di Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Anggaran sebesar Rp40 Miliar Disiapkan untuk pembangunan.

Demikian diungkapkan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiadi saat video conference bersama Bupati Purbalingga, dan Menteri Perhubungan, Senin (18/1/2021). Budi mengungkapkan, untuk mewujudkan terminal Tipe A Bobotsari ini membutuhkan anggaran sebesar Rp40 miliar yang terbagi dalam 2 tahun anggaran. 

"Tahun 2020 dianggarkan Rp15 miliar untuk beberapa item pekerjaan, diantaranya pekerjaan persiapan, pembongkaran, pondasi tiang pancang dan pekerjaan struktur lantai I," ungkapnya.

BERITA TERKAIT:
Bandara Soedirman 22 April Beroperasi, Dua Maskapai Siap
Tiwi Serahkan Jabatan Plh Bupati Purbalingga ke Sekda Wahyu Kontardi
Bupati Purbalingga Tutup Penambangan Galian C di Kemangkon
Bupati Purbalingga Prioritaskan Wartawan untuk Divaksin Lebih Awal
Bandara JB Soedirman Ditargetkan Beroperasi 22 April 2021
Bupati Tiwi Siapkan Enam Program Prioritas untuk Mengatasi Kemiskinan di Purbalingga
Disiapkan Anggaran Rp40 M, Terminal Tipe A Dibangun di Purbalingga

Sedangkan untuk tahun 2021 ini dibutuhkan anggaran sebesar Rp 25 miliar untuk pembangunan pekerjaan selanjutnya. Diantaranya: persiapan, struktur lantai II, struktur atap, arsitektur, MEP (Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing), Interior, Pengadaan dan Pemasangan Furnishing, Pengadaan dan Pemasangan Sistem Informasi dan Digitalisasi.

"terminal Bobotsari merupakan salah satu terminal tujuan dan pemberangkatan penumpang yang cukup ramai di Purbalingga. Tercatat per hari ada kedatangan/keberangkatan bus AKAP sebanyak 30 bus per hari, 45 bus AKDP per hari, 367 unit angkudes per hari, 50 unit angkot per hari," katanya.

terminal Bobotsari rencananya akan dibangun di lahan seberang jalan raya dari lokasi terminal yang ada sekarang. Bangunan terminal dan ruang tunggu penumpang yang akan dibangun, berupa bangunan dua lantai. terminal Tipe A ini juga tentunya akan dilengkapi dengan kios-kios. Rencananya akan disediakan 89 kios, namun jumlah awal baru akan disediakan 40 kios.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi  (Tiwi) mengatakan guna mendukung peningkatan akses dan koneksitas wilayah Kabupaten Purbalingga dengan wilayah lain dari sisi transportasi darat, Ia berharap agar rencana pembangunan terminal Type A Bobotsari yang telah lama direncanakan, untuk dapat direalisasikan.

"Terkait dengan 4 bidang tanah yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan terminal Bus Tipe A Bobotsari, dapat kami sampaikan bahwa sebanyak 3 bidang tanah sudah diserahterimakan dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga ke Kementerian Perhubungan, sedangkan yang 1 bidang tanah lagi telah selesai di sertifikatkan dan dalam waktu dekat kami rencanakan akan segera kami serah terimakan ke Kementerian Perhubungan," ungkapnya.

Disamping beraudiensi mengenai pembangunan terminal Tipe A Bobotsari, Bupati juga mengusulkan beberapa hal mengenai sarana dan prasarana perhubungan darat kepada Kemenhub. Diantaranya alat pengujian kendaraan bermotor, dan instrumen alat kelengkapan jalan. Adapun alat pengujian kendaraan bermotor ini diperlukan mengingat Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga statusnya telah ditingkatkan menjadi Akreditasi A oleh Kemenhub.

Bupati Tiwi mengucapkan terimakasih kepada Kemenhub karena 2019 lalu, Pemkab Purbalingga mendapat bantuan Bus Mikro untuk bus sekolah.  Bus tersebut saat ini dioperasikan untuk melayani jalur Kedungbenda– Kemangkon yang belum terfasilitasi trayek kendaraan umum. Rute tersebut mengampu siswa di 5 sekolah. Pada Tahun 2020 Pemkab Purbalingga juga mendapatkan kembali bantuan Mobil Elf yang dioperasikan untuk mendukung operasionalisasi Bus Sekolah.

"Selanjutnya, kami mohon untuk dapat dibantu kembali 4 buah Bus. Bus dimaksud akan kami gunakan untuk menjadi pengumpan penumpang dari terminal Type A Bobotsari dan terminal Type B Purbalingga menuju Bandara JB Soedirman. Sedangkan pengumpan diluar terminal akan dilayani menggunakan taxi Purbalingga yang saat ini berjumlah 30 taxi," imbuh Tiwi.


 


tags: #bupati tiwi #terminal #kabupaten purbalingga #bupati purbalingga dyah hayuning pratiwi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI