Usai Dilantik Biden akan Perbanyak Pembangunan Rumah di AS

Rencana harga rumah yang terjangkau itu dikabarkan bertentangan dengan tujuan melindungi lingkungan.

Rabu, 20 Januari 2021 | 18:30 WIB - Internasional
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Washington DC- Pada awal kepemimpinannya, Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden akan memperbanyak pembangunan rumah dan memberikan diskon biaya hingga pajaknya.
 
Beberapa rencana untuk mendorong rencana tersebut, seperti diutip dari CNBC, Rabu (20/1/2021) di antaranya, kredit pajak pembelian rumah untuk pertama kali senilai US$ 15 ribu dan mendesak bank-bank besar untuk kembali memberikan pinjaman FHA.

Mendorong pembangunan perumahan baru tunggal dan multi keluarga, juga menjadi bagian salah satu rencana Biden selain juga memperkuat Undang-undang Reinvestasi, dan program ini diperuntukkan bagi masyarakat AS yang berpenghasilan sedang dan rendah.

Rencana itu dilakukan mengingat pada 2020 jumlah rumah yang terjual di AS anjlok dari tahun sebelumnya. Menurut realtor.com, penjualan rumah di AS anjlok 40%. Rendahnya penjualan rumah juga disebabkan oleh harga yang rumah tinggi dan terus naik selama enam tahun belakangan.

BERITA TERKAIT:
Tujuh Pelajar Papua Lanjutkan Kuliah di Tiga Universitas Top AS
Banyak Perusahaan di AS Mulai Bangkit Tinggalkan Resesi
Skandal Pelecehan Seksual, Gubernur New York Tak Mau Mengundurkan Diri
Otoritas AS Tangkap Istri Gembong Narkoba Meksiko
Tahun Ini Huawei Kurangi Produksi Ponsel
Kedubes Amerika Serikat Peringatkan WN AS di Myanmar untuk Waspada
Uniknya Tradisi Imlek di Berbagai Negara, Nomor 6 Luar Biasa Megah!

Menurut CoreLogic kenaikan harga rumah tertinggi pada November 2020 yakni 8%. Itu pun terjadi karena didorong oleh tingkat suku bunga yang rendah.

Lima rencana Biden tersebut diharapkan bisa Guna mengurangi tekanan harga rumah yang tinggi dan mengurangi pasokan rumah yang ada. 

Keringanan pajak untuk pembeli rumah pertama kali senilai US$ 15 ribu diharapkan bisa segera diakses oleh masyarakat sehingga itu bisa menjadi bantuan pembayaran uang muka.

Di Amerika saat ini, harga rumah tinggi, bersama dengan standar pinjaman yang ketat. Dua hal itu mempersulit pembeli dari golongan milenial untuk mendapatkan uang tunai yang dibutuhkan untuk mengamankan hipotek.

Selanjutnya, FHA lending akan mengambil peran yang lebih besar untuk membantu masyarakat mendapatkan rumah. FHA merupakan opsi pinjaman uang muka rendah yang menjadi idaman masyarakat. FHA juga dapat mengurangi premi asuransi bulanan.

"Program FHA menunjukkan profitabilitas yang luar biasa, jauh lebih baik dari yang diharapkan, dan yang memberikan kesempatan kepada pemerintahan Biden untuk memotong harga. Itu akan sangat membantu pemilik rumah tingkat pemula, terutama pemilik rumah minoritas yang lebih sering beralih ke program FHA," ucap analis Cowen Washington Research Group, Jaret Seiberg.

Tapi Biden menghadapi tantangan dan hambatan pada agenda perumahan yang direncanakanya. Rencana harga rumah yang terjangkau itu dikabarkan bertentangan dengan tujuan melindungi lingkungan.

Pasalnya rencana itu bersamaan dengan rencana pembangunan rumah multi keluarga yang akan menimbulkan kepadatan dalam satu wilayah.


tags: #amerika serikat #perumahan #joe biden #presiden

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI