Bupati Banyumas Achmad Husein.

Bupati Banyumas Achmad Husein.

Selama PPKM Tahap Kedua, Bupati Banyumas Ingin LPJU di Purwokerto Padam di Malam Hari

Wacana pemadaman LPJU pada malam hari selama PPKM tersebut pertama kali muncul saat pertemuan Forum Lalu Lintas Kabupaten Banyumas.

Kamis, 28 Januari 2021 | 16:00 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Banyumas- Guna mengurangi mobilitas warga pada malam hari selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), lampu penerangan jalan umum (LPJU) di wilayah perkotaan Purwokerto direncanakan dipadamkan Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Kalau bisa dimulai malam nanti, enggak apa-apa, tapi kami akan koordinasi dulu dengan Polresta Banyumas," ucap Bupati Banyumas Achmad Husein di Purwokerto, Kamis (28/1/2021).

Penutupan sejumlah ruas jalan di Purwokerto pada malam hari selama PPKM yang telah memasuki tahap kedua, dinilai Bupati Husein kurang efektif untuk mengurangi mobilitas warga. Nantinya jika LPJU dimatikan pada malam hari, penutupan sejumlah ruas jalan tidak perlu dilakukan.

BERITA TERKAIT:
Penyebaran COVID-19 Menurun, Kabupaten Banyumas Kini di Zona Kuning
Beberapa Hari Terakhir Jumlah Penderita COVID-19 di Banyumas Menurun
Selasa Besok, Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di Banyumas Dilaksanakan
Pasutri di Kalibagor Banyumas, Temukan Bayi di Teras Rumahnya
Pandemi, Peringatan HUT Banyumas Diselenggarakan Sederhana
Hindari Longsor Lanjutan di Sisi Barat Jembatan Tajum, Dishub Banyumas Alihkan Lalin Kendaraan Berat
Usai PPKM Jawa-Bali, Pariwisata Banyumas Mulai Bangkit

"Namun patroli harus ditingkatkan dan CCTV diaktifkan. Jangan sampai pemadaman LPJU itu justru menimbulkan kriminalitas," ujarnya.

Pihaknya, imbuh Husein akan berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas sebelum memutuskan kebijakan pemadaman LPJU tersebut.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie wacana pemadaman LPJU pada malam hari selama PPKM tersebut pertama kali muncul saat pertemuan Forum Lalu Lintas Kabupaten Banyumas.

Wacana tersebut muncul, menurutnya karena penutupan sejumlah ruas jalan yang telah diterapkan selama ini dan dilakukan tanpa adanya penjagaan dinilai kurang efektif dalam mengurangi mobilitas warga. "Dalam pertemuan forum lalu lintas kemarin, seluruh kapolsek di wilayah kota (Purwokerto) mengusulkan agar LPJU dimatikan pada pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB dengan tujuan mengubah perilaku masyarakat agar sungkan keluar rumah pada malam hari," ucapnya.

Meski begitu, Pemkab Banyumas masih mempertimbangkan dampak negatif pemadaman LPJU seperti kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas, sehingga akan dikoordinasikan lebih dahulu dengan Polresta Banyumas sebelum kebijakan tersebut diterapkan. 


tags: #kabupaten banyumas #ppkm #purwokerto #lpju #bupati banyumas achmad husein

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI