Ilustrasi

Ilustrasi

Virus Corona Ditegaskan WHO Bukan Berasal dari Lab Wuhan

Teori itu sebagian besar telah ditolak oleh komunitas ilmiah global dan peneliti China yang bekerja di laboratorium tersebut.

Rabu, 10 Februari 2021 | 10:09 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, New York- virus corona ditegaskan oleh tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak berasal dari laboratorium Wuhan, China.

Para penyelidik WHO selama misi tersebut, mereka mencari asal usul pandemi Covid-19. Salah satunya kemungkinan Covid-19 berasal dari laboratorium di Wuhan, mereka pun menganalisa hal itu.

BERITA TERKAIT:
Indonesia Minim Dokter Spesialis, Ranking 147 Dunia 
Bahaya Rokok Elektrik Bisa Sasar Anak-anak! Banyak Dijajakan di Medsos
Dilarang WHO, Apa Bahaya Vape untuk Kesehatan? Ternyata Tak Jauh Beda dengan Rokok Tembakau
Peredaran Vape di Kalangan Muda Terus Meningkat, WHO Larang Seluruh Negara di Dunia Gunakan Rokok Elektrik
Israel Jadikan Rumah Sakit Indonesia di Gaza Sebagai Markas, MER-C Surati WHO

"Itu sangat tidak mungkin (dari laboratorium Wuhan), dan penelitian lebih lanjut tidak diperlukan untuk teori ini," ucap Kepala tim penyelidik WHO, Dr Peter Ben Embarek, dalam konferensi pers, Selasa (9/2/2021).
 
Sejak pandemi ini merebak dan menjangkiti seluruh negara di dunia, beredar spekulasi juga yang menyebutkan bahwa virus corona diproduksi atau secara tidak sengaja bocor dari laboratorium di Institut Virologi Wuhan, yang terlibat dalam penelitian virus corona.

Meski begitu, teori itu sebagian besar telah ditolak oleh komunitas ilmiah global dan peneliti China yang bekerja di laboratorium tersebut.

Tim WHO pun mengeksplorasi beberapa hipotesis. Hipotesis virus corona berasal dari laboratorium Wuhan, telah dibantah oleh mereka. Selain itu ada tiga analisis lain termasuk virus melompat langsung dari inang hewan; menginfeksi manusia melalui hewan perantara; dan kemungkinan penularan ke manusia melalui makanan beku.

"Kami tahu bahwa virus dapat bertahan di lingkungan yang dingin dan beku ini, tetapi kami tidak benar-benar memahami apakah virus kemudian dapat menularkan ke manusia dan dalam kondisi apa hal ini dapat terjadi," bebernya.

***

tags: #who #virus corona #covid-19

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI