Foto istimewa

Foto istimewa

Masyarakat Baduy Bahagia dapat Bantuan Kemensos

Jumlah masyarakat Badui saat ini di atas 4.000 KK atau 14.600 jiwa tersebar di 68 Kampung Baduy Luar dan Baduy Dalam.

Sabtu, 13 Februari 2021 | 19:50 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Lebak- Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan berbagai program bantuan dari pemerintah untuk masyarakat, adanya bantuan tersebut disambut bahagia oleh sekitar 950 kepala keluarga (KK) warga Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Masyarakat adat, kata Tetua Adat Badui jaro Saija yang juga Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Sabtu (13/2/2021), sangat merasakan terbantu dengan berbagai program yang digulirkan Kemensos.

Penyaluran bantuan itu di antaranya program keluarga harapan (PKH), program pembagian beras sebanyak 10 kilogram/bulan bagi keluarga penerima manfaat (KPM) dan dana bantuan langsung tunai (BLT) COVID-19 sebesar Rp300 ribu/bulan.

BERITA TERKAIT:
Beredar Video Deklarasi PKB Banten Dukung Pelaksanaan MLB
Ngebet Ingin Mudik, Dua Orang Ini Rela Ngumpet di Bak Pick-up
PKB Banten Siap Gelar Pra MLB PKB
Bupati Lebak Klarifikasi Ucapannya Terkait Santet Moeldoko
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sindangheula
Masyarakat Baduy Bahagia dapat Bantuan Kemensos
Polda Banten Bongkar Praktik Aborsi di Pandeglang

Jaro menambahkan selama ini, penyaluran bantuan sosial akibat Corona itu berjalan lancar dan dapat mensejahterakan masyarakat Baduy.

Agar tidak ada kerumunan dalam pembagian bantuan, bantuan tersebut dibagikan kepada tokoh adat setempat yang ditunjuk. "Kami sangat menerima program sosial itu karena tidak melanggar adat namun untuk Dana Desa yang dialokasikan Rp2,5 miliar ditolak," jelasnya.

Jaro mengatakan kehidupan masyarakat Baduy kini sejahtera dengan adanya bantuan berbagai program dari Kemensos dan terus dilanjutkan untuk mengurangi beban ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Selama pandemi, sebanyak 2.000 pelaku usaha di Baduy terancam bangkrut. Produk kerajinan Baduy yang dipasarkan di permukiman kawasan Baduy tidak laku karena sepinya wisatawan yang datang di wilayah tersebut.

Jumlah masyarakat Badui saat ini di atas 4.000 KK atau 14.600 jiwa tersebar di 68 Kampung Baduy Luar dan Baduy Dalam. "Kami berharap program bantuan sosial itu semua KK warga Baduy menerimanya," ujarnya.

Menurut salah satu warga Baduy di Kampung Kadukeug I Desa Kanekes Kabupaten Lebak, Kudil (45), dirinya kini menerima bantuan sosial sehingga kehidupan keluarga cukup sejahtera. "Kami merasa senang menerima bantuan yang diluncurkan Kemensos itu," ucapnya.
 


tags: #banten #bantuan #pandemi #lebak #kemensos

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI