Ilustrasi kandang babi. Foto: Istimewa.

Ilustrasi kandang babi. Foto: Istimewa.

Usai Dilakukan Audiensi, Peternak Babi di Kebakkramat Bersedia Relokasi Kandang

Peternak babi sanggup menutup dan merelokasi kandang babi dengan tenggang waktu tujuh bulan terhitung mulai tanggal 19 Februari

Minggu, 21 Februari 2021 | 10:13 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Karanganyar - Permasalahan keberadaan kandang babi di Dusun Kauman, Desa Nangsri, Kebakkramat, Karanganyar, Jawa Tengah, mulai menemui titik terang. Pasalnya, dalam audiensi yang dihadiri berbagai pihak, akhirnya tercetus empat kesepakatan.

Kepala Dusun Kauman, Tito Risdi H menerangkan bahwa dalam audiensi tersebut dihadiri perwakilan dari Kabupaten, Satpol PP, Dinas Pertanian, trantip Kecamatan, Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Kapolsek beserta jajarannya.

BERITA TERKAIT:
Pertamina Janji Stok LPG 3 Kg Aman tapi di Karanganyar kok Langka Sejak H-1 LebaranĀ 
Pasca Banjir, Warga Karanganyar Demak Rayakan Lebaran Diiringi Keprihatinan
Penyembelihan Wedus Kendil, Ritual Penutupan Tanggul Jebol di Demak
Warga Mengungsi Lagi karena Khawatir Sungai Wulan Karanganyar Demak Kembali MeluapĀ 
Banjir Demak Surut, 68 Sekolah Alami KerusakanĀ 

Pria yang akrab disapa Tito itu mengatakan, hasil audiensi dari berbagai pihak itu menghasilkan empat kesepakatan antara warga dengan para peternak babi di Kauman. “Terdapat empat kesepakatan. Pada intinya kandang babi akan pindah,” ungkapnya, Jumat (19/2/2021).

Tito memaparkan bahwa warga menginginkan kandang babi ditutup sebelum lebaran tahun ini. ”Tadi pinginnya warga sebelum lebaran tahun ini. Tapi peternak mengatakan tidak bisa kalau dekat waktunya,” ujar Tito.

Sehingga, lanjut Tito, disepakati bahwa semua peternak babi sanggup menutup dan merelokasi kandang babi dengan tenggang waktu tujuh bulan terhitung mulai  tanggal 19 Februari sampai dengan akhir bulan September 2021. Untuk kesepakatan kedua, peternak bersedia melakukan pengurangan jumlah babi yang dipelihara selama tujuh bulan batas menutup dan merelokasi kandang.

Lebih lanjut, ia memaparkan kesepakatan ketiga, peternak babi atas nama Sukimin akan menghibahkan jalan dan saluran kepada warga Dukuh Kauman. Kemudian, kesepakatan terakhir, peternak atas nama Kasiyo akan segera merelokasi kandang babi ke sebelah timur yang sebelumnya di sebelah barat.

***

tags: #karanganyar #peternak #kandang babi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI