Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto.

Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto.

Satpol PP Kota Semarang Dilaporkan ke Polisi dengan Dugaan Kekerasan Saat Bongkar Rumah di Cebolok, Fajar; Kami Hormati!

Fajar mengaku tak mempermasalahkan jika kuasa hukum warga melaporkan institusinya ke kepolisian.

Selasa, 23 Februari 2021 | 10:03 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Semarang - Adanya pembongkaran ratusan rumah di Kampung Cebolok, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari Kota Semarang, Jawa Tengah pada 18 februari 2021 lalu ternyata berbuntut panjang.

Kabar terbaru yang beredar di kalangan wartawan, kuasa hukum warga melaporkan Satpol PP Kota Semarang ke pihak Polda Jateng dengan dugaan kekerasan saat pembongkaran. 

Adanya pelaporan ke kepolisian itu dibenarkan oleh Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto. "Iya benar ada pelaporan itu," kata Fajar, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa 23/2/2021 pagi. 

BERITA TERKAIT:
Razia Tim Gabungan di Hotel Pantura Brebes, 22 Pasangan Mesum Diciduk
Nekat Mesum di Alun-alun Karanganyar, Sejoli Asal Solo Ini Dikukut Satpol PP
Karanganyar Uji Coba PTM, Satpol PP Dikerahkan
Pembongkaran Tetap Dilakukan Satpol PP, Pedagang Bantaran Kali Es Semarang Kecewa
Satpol PP Kota Semarang Lanjutkan Perobohan Bangunan Lapak PKL di Kali Es Sawah Besar
PKL Bantaran Kali Es Semarang Pasrah Melihat Bangunan Miliknya Dirobohkan Satpol PP
Ratusan Bangunan Lapak PKL di Sawah Besar Semarang Dirobohkan Satpol PP

Fajar mengaku tak mempermasalahkan jika kuasa hukum warga melaporkan institusinya ke kepolisian. Sebab setiap orang memiliki hak untuk melapor ke kepolisian "Pada intinya kami menghormati siapapun yang melakukan pelaporan," tegasnya 

Lebih lanjut dia membantah jika anggotanya ada yang melakukan kekerasan kepada warga. Justru dia merasa dirugikan, sebab tiga anggotanya terluka dan kesakitan karena lemparan batu dan benda keras lainnya yang dilempar oleh warga. "Saat ini anggota kami sedang tes visum," jelas dia. 

Barang bukti milik warga untuk melukai Satpol PP pun saat ini masih diamankan di kantornya. Saat pembongkaran, pihaknya mengamankan sisa air keras yang sebelumnya dilempar oleh warga, bahan bakar minyak (bbm), celurit, dan korek api.

Fajar menerangkan bahwa pihaknya membongkar ratusan rumah hanya melaksanakan tugas karena sudah ada surat rekomendasi pembongkaran dari dinas Tata Ruang


tags: #satpol pp #semarang #kampung cebolok

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI