Ilustrasi

Ilustrasi

Jutaan Lansia di Jateng Diprioritaskan Vaksinasi Tahap Kedua

Tidak semua masyarakat mendapatkan vaksinasi secara serentak.

Selasa, 02 Maret 2021 | 17:25 WIB - Kesehatan
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan warga lanjut usia (lansia) menjadi prioritas mendapatkan vaksin pada tahap kedua bersama pelayan publik. Hal ini menyusul adanya kebijakan baru dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa lansia menjadi prioritas utama.

"Hari ini kita percepat vaksinasi untuk pelayanan publik plus kita prioritaskan untuk lansia. lansia ini memang sekarang menjadi prioritas pertama," kata Ganjar, di Kantor Dinasnya, Selasa (2/3/2021)

Ia meminta semua Bupati/Wali Kota menjadikan prioritas vaksinasi untuk lansia. Mengingat sebelumnya, program vaksinasi lansia awalnya hanya dilakukan di ibukota Provinsi.

BERITA TERKAIT:
Disdik Kota Semarang Tanggapi Positif Soal Ajakan Gubernur Jateng Terkait Doa Bersama
Antisipasi Masuknya Pemudik, Ganjar Siapkan Tim Gabungan di Perbatasan Jateng
Ganjar Minta Para Kepala Daerah dan Disnaker Rajin Komunikasi dengan Pekerja Migran
Rachel, Ganjar dan Mimpi Sendratari di Halaman Candi Borobudur
Pasca Dilantik Jadi Bupati Kudus, Hartopo Mengaku Siap Jalankan Perintah Ganjar
Lantik Bupati Kudus, Ganjar Ingatkan Soal Pentingnya Semangat Perbaikan Reformasi
Ganjar Akan Gelar Rapat Khusus Bahas Perbedaan Waktu Imsakiyah saat Bulan Ramadan

"Silahkan didaftar, pasti lebih mudah karena umpama saya mencari lansia eks PNS itu gampang, TNI/Polri juga punya datanya. Kalau tidak, kelurahan atau desa juga pasti punya data lansia itu," jelasnya

Meski begitu, pihaknya mengatakan bahwa tidak semua masyarakat mendapatkan vaksinasi secara serentak. Hal tersebut karena stok vaksin yang terbatas.

"Nanti tidak bisa semua, jadi bertahap. Maka saya minta masyarakat bersabar. Sebenarnya kita jauh lebih siap, mau dikasih berapa saja vaksinnya pasti habis cepet. Tapi karena Pusat memberikan vaksin secara bertahap, maka kita manut saja. Mohon maaf kepada seluruh masyarakat, sabar ya karena ini bertahap," tandas dia

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan, total ada sekitar 3,2 juta lansia di Jawa Tengah. Mereka nantinya akan menjadi prioritas bersama 2,1 juta pelayan publik dalam proses vaksinasi.


tags: #gubernur jawa tengah #ganjar #vaksinasi #lansia

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI