Ilustrasi perceraian, Gambar: Istimewa

Ilustrasi perceraian, Gambar: Istimewa

Meningkat, Perceraian di Brebes Januari-Februari Capai 916 Kasus

Perkara yang masuk mayoritas disebabkan karena faktor ekonomi.

Kamis, 04 Maret 2021 | 15:19 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kudus - perceraian di Kabupaten Brebes Jawa Tengah pada Januari hingga Februari 2021 mencapai 916 kasus. Pengajuan cerai mayoritas karena faktor ekonomi hingga soal perselisihan.

Humas Pengadilan Agama (PA) Brebes Nursidik menyatakan sejak Januari hingga Februari 2021 ada 1.345 pengajuan perceraian yang masuk ke pengadilan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 289 perkara cerai talak (gugatan dari suami) dan cerai gugat (gugatan dari pihak istri) 943 perkara.

BERITA TERKAIT:
Pemudik Mulai Masuk Jateng, Sekda Jateng Paparkan Skenario Urai Kemacetan di Exit Tol Pejagan
H-7 Lebaran, Polres Brebes Gelar Simulasi dan Sosialisasi Sistem One Way Lokal di Jalur Tengah
Satuan Reskrim Polres Brebes Datangi Sejumlah SPBU Jelang Arus Mudik Lebaran
Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes Sabet BUMD Awards 2024 Bintang 5
Pj Bupati Brebes : Safari Ramadan Bisa Jadi Ajang Bersilaturahmi dan Berbagi

"Dari jumlah perkara yang kami ini, sebanyak 1.110 perkara telah selesai atau telah diputus. Rinciannya, 916 perkara dari cerai talak dan gugat, 96 perkara dicabut, isbat nikah 8 perkara dan 84 perkara dispensasi nikah. Dari 916 perkara cerai talak ini telah menyebabkan wanita menjadi janda," ujarnya, Kamis(4/3).

Jumlah ini, kata dia, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama. "Jika dilihat dari kasus yang ditangani, angkanya selalu meningkat setiap tahunnya," ucapnya.

Lebih lanjut, ia menyebut pada periode Januari-Februari 2020 lalu, pihaknya menangani 1.056 perkara cerai. Di antaranya 219 perkara cerai talak, 707 cerai gugat, dan sisanya kasus lain. Dari 1.056 perkara ini yang bisa diselesaikan yakni 183 cerai talak dan 628 cerai gugat dan sisanya perkara lainnya.

"Jumlah cerai talak dan gugat pada Januari dan Februari 2020 semuanya 811 perkara, sedangkan periode yang sama pada 2021 jumlahnya ada 916 perkara perceraian," tukasnya.

Dari seribuan perkara yang masuk ke Pengadilan Agama Brebes pada tahun ini, kata dia, mayoritas disebabkan karena faktor ekonomi. Nursidik menyebut gugatan cerai akibat faktor ekonomi ada 607 perkara.

"Paling banyak karena faktor ekonomi, 607 perkara. Selain ekonomi, ada faktor lainnya yang mempengaruhi aduan. Yaitu, perselisihan pertengkaran mencapai 180 perkara dan meninggalkan salah satu pihak sebanyak 24 perkara," ujarnya.

Selain soal ekonomi, lanjut dia, ada juga perkara terkait harta bersama, pengasuhan anak dan perwalian. Jumlah perkara itu masing-masing satu perkara. Kemudian ada juga perkara yang menyangkut wali, jumlahnya dua perkara. Kemudian, penetapan ahli waris dua perkara dan lainnya dua perkara.

***

tags: #kabupaten brebes #perceraian

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI