Foto istimewa

Foto istimewa

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sindangheula

Saya minta pemda dan masyarakat menjaga bendungan sebaiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:20 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Bendungan Sindangheula yang berada di Kota Serang, Banten, Kamis (4/3/2021) diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti Bendungan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Bendungan Sindangheula merupakan salah satu proyek strategis nasional, Bendungan itu memiliki kapasitas 9,3 juta meter kubik serta bisa menyumbang air baku untuk Kota Serang dan Cilegon.

BERITA TERKAIT:
Sultan HB Benarkan Jokowi Minta Dijembatani Bertemu Megawati 
Sekjen PDIP: Kampanye Jokowi Buktikan Prabowo-Gibran Cermin Periode Ketiga Jokowi
Jokowi Resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Hari Ini
Gubernur Maluku Utara Terjaring OTT KPK, Presiden Jokowi: Hormati Proses Hukum
Presiden Jokowi dan PM Jepang Kishida Bahas MRT hingga Isu Palestina

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan pembangunan Bendungan itu dimulai pada tahun 2015. "Alhamdulillah hari ini Bendungan Sindangheula yang dibangun 2015 sudah selesai dan siap difungsikan," ucap Presiden.

Dengan kapasitas air 9,3 juta meter kubik, menurut Jokowi, Bendungan itu mampu mengaliri irigasi ke 1.280 hektare sawah yang ada di Serang dan sekitarnya. Jokowi berharap Bendungan tersebut mampu meningkatkan produksi pertanian di Banten

Tidak hanya itu, lanjut Presiden Jokowi, air baku yang ada di Bendungan itu bisa dimanfaatkan oleh kawasan industri di Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon. 

"Ketiga Bendungan ini bermanfaat untuk pengendalian banjir dengan mereduksi mengurangi banjir 50 meter kubik per detik, dari meluapnya yang biasanya meluap Sungai Ciujung dan Cidurian yang sering menggenangi Kabupaten Serang dan sekitarnya," kata Presiden Jokowi.

Selain digunakan untuk pengairan, Bendungan Sindangheula juga mampu menghasilkan listrik 0,40 megawatt. Potensi listrik itu, kata Jokowi bisa dimanfaatkan menjadi energi listrik hidro power.

Presiden Jokowi diakhir sambutannya meminta agar Bendungan itu bisa dimanfaatkan untuk konservasi dan potensi destinasi wisata bagi Provinsi Banten

"Saya minta pemda dan masyarakat menjaga Bendungan sebaiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengucap bismillah hari ini saya resmikan Bendungan Sindangheula," pungkasnya.

Hadir dalam peresmian Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Gubernur Banten Wahidin Halim dan beberapa kepala daerah di kabupaten kota se-Banten.

***

tags: #presiden jokowi #bendungan #banten #masyarakat #pertanian

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI