Ilustrasi vaksin corona, Foto: Istimewa

Ilustrasi vaksin corona, Foto: Istimewa

Vaksinasi Covid-19 di Kudus Baru 20 Persen

Sebanyak 5.502 nakes menjadi sasaran vaksinasi.

Kamis, 08 April 2021 | 20:15 WIB - Kesehatan
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kudus - Pemerintah Kabupaten Kudus Jawa Tengah menunggu tambahan vaksin Covid-19 karena saat ini hanya tersedia 400 dosis. Sementara target vaksinasi sebanyak 127.063 sasaran dan belum mencapai separuhnya.

"Hingga saat ini, realisasinya untuk suntikan pertama baru mencapai 20 persen lebih, sedangkan suntikan kedua baru 13,67 persen dari jumlah sasaran sebanyak 127.063 orang sehingga masih membutuhkan tambahan vaksin," ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi, Rabu (7/4).

Sejumlah 400 dosis vaksin yang tersedia saat ini, lanjut dia, hanya diperuntukkan untuk penyuntikan dosis kedua.

BERITA TERKAIT:
Penyaluran BLT Dana Desa di Kudus Capai Rp2,57 M
Komunitas RRM Kudus Keliling Bersihkan Masjid Gratis
Tangani Corona, TPP PNS Kudus Berpotensi Dipotong Rp5 M
Bupati Kudus Gagas Tata Kota Tanpa APBD
DPRD Desak Pemkab Kudus Cabut Perda Minimarket
Vaksinasi Covid-19 di Kudus Baru 20 Persen
Pemilu 2024, DPC PAN Kudus Raih Target Raih Kursi di Setiap Dapil

Lebih lanjut, ia memprediksi vaksin tersebut akan habis pada 13 April 2021, sedangkan tambahan dari pusat hingga kini belum diterima, meskipun sudah berulang kali mengajukan penambahan vaksin ke provinsi.

Terkait informasi ada tambahan vaksin, kata dia, hanya diperuntukkan untuk tiga kabupaten, yakni Kabupaten Semarang, Salatiga, dan Boyolali. "Vaksin terakhir yang kami terima dua pekan sebelumnya, sedangkan saat ini masih menunggu untuk menuntaskan target vaksinasi untuk 127.063 sasaran," bebernya.

Dari target sebanyak itu, meliputi tenaga kesehatan sebanyak 5.502 sasaran, pelayan publik sebanyak 52.660 sasaran, dan orang lanjut usia sebanyak 68.901 sasaran. Tekait vaksinasi selama bulan puasa, kata dia, tidak ada kekhususan untuk nonmuslim karena sesuai fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) vaksinasi tidak membatalkan puasa sehingga umat Muslim pun bisa melakukan vaksinasi. 


tags: #kudus #vaksinasi covid-19

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI