Ilustrasi penerimaan BLT DD. Foto: Istimewa.

Ilustrasi penerimaan BLT DD. Foto: Istimewa.

Alhamdulillah, Puluhan Warga Kurang Mampu di Klaten Dapat BLT Rp 300 Ribu

Jumlah penerima BLT DD di Desa Plawikan kali ini lebih sedikit dari tahun sebelumnya yang mencapai 104 KPM.

Kamis, 08 April 2021 | 15:30 WIB - Ekonomi
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Klaten — Meski masih pandemi Covid-19, penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) tahap 1 tahun 2021 di Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah, berlangsung tanpa kendala. Proses penyaluran BLT DD yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) it dilakukan pada Rabu (7/4/2021).

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Provinsi Jawa Tengah, Sugeng Riyanto menerangkan bahwa dari 391 desa di Kabupaten Klaten, baru ada 318 desa yang sudah mencairkan BLT DD tahap 1 hingga hari ini.

“Melalui pemantauan ini untuk total di Jawa Tengah yang masih sangat rendah yaitu baru 25 persen. Kami berharap dinas terkait di kabupaten untuk secepatnya memerintahkan aparatnya dan juga kepala desa agar tahap 1, tahap 2, tahap 3 segera dicairkan, mengingat pekan depan sudah memasuki bulan Ramadan,” tuturnya.

BERITA TERKAIT:
Alhamdulillah, Puluhan Warga Kurang Mampu di Klaten Dapat BLT Rp 300 Ribu
Bawa Kabur Uang BLT DD Rp231 Juta Lebih, Sekdes Petunjungan Brebes Terancam Hukuman Berat
Sakit Hati dengan Kades jadi Motif Sekdes di Brebes Bawa Kabur BLT DD Rp231 Juta Lebih
99 Desa di Kudus Bagikan BLT DD Tahap III, Total Rp11,1 Miliar
Geruduk Kantor Desa, Para Pemuda Ini Protes Ada Pegawai BUMN di Klaten Dapat BLT
Penyaluran BLT DD di Wonogiri Diperpanjang Tiga Bulan Lagi
Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tidak Dilanjutkan, Bupati Wonogiri Fokus Pemberdayaan Masyarakat

Sementara itu, Kepala Desa Plawikan, Lilik Ratnawati menjelaskan, setiap Keluarga Penerima Manfaat atau KPM mendapatkan uang tunai Rp 300.000. Adapun, BLT DD tahap 1 di desanya menyasar kepada 98 KPM. 
 
BLT DD untuk tahap 1 (Januari) baru bisa disalurkan hari ini. Keterlambatan ini merupakan proses dan prosedur verifikasi yang berubah di tingkat kabupaten,” jelasnya.

Lilik memastikan, BLT DD tahap berikutnya bakal segera disalurkan. Dengan harapan para penerima yang beragama Islam bisa khusuk menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

“Setelah tahap 1 ini selesai kemudian dua pekan berikutnya tahap 2 dan dua pekan setelahnya lagi tahap 3. Setelah itu, rutin setiap bulan,” sambungnya.

Lilik mengaku, setelah dilakukan verifikasi ulang, jumlah penerima BLT DD di Desa Plawikan kali ini lebih sedikit dari tahun sebelumnya yang mencapai 104 KPM. Mengingat, penerima bantuan harus sesuai kriteria yang ada.

“Hasil verifikasi ulang ada 98 KPM di tahap 1. Bagi mereka yang saat ini tidak masuk dalam daftar penerima dikarenakan beberapa hal, salah satunya ada yang sudah kembali mendapatkan pekerjaan,” tukasnya.


tags: #blt dd #klaten #bantuan langsung tunai dana desa

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI