Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bersiap melepas bantuan kemanusiaan ke NTT, di Kantor Dinasnya, Selasa (13/4). (Foto; KuasaKatacom).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bersiap melepas bantuan kemanusiaan ke NTT, di Kantor Dinasnya, Selasa (13/4). (Foto; KuasaKatacom).

Jateng Kirimkan Bantuan Logistik dan Relawan ke NTT

Ganjar mengaku bangga pada relawan-relawan BPBD, PMI, Tagana dan instansi kebencanaan lainnya di Jateng.

Selasa, 13 April 2021 | 13:53 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Adanya insiden banjir Bandang di Nusa Tenggara Timur beberapa waktu lalu mengetuk hati sejumlah pihak untuk membantu. Salah satunya yakni Provinsi Jateng

Jateng memberikan logistik bantuan ssenilai 503.760.000 dan bantuan relawan ke NTT, pada Selasa (13/4). Adapun bantuan logistik itu salah satunya berbentuk beras dan lain sebagainya. Bantuan itu tersimpan di satu truk kontainer ukuran besar. Bantuan itu kemudian dilepas secara simbolis oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar di halaman kantor Dinasnya. 

Ganjar mengatakan, pengiriman bantuan ini sebagai tindak lanjut setelah dirinya berkomunikasi intens dengan Wakil Gubernur NTT. "Ini bantuannya dikirim sekarang karena kemarin akses tranportasinya belum bisa. Hari ini kita minta bantuan PT POS untuk kirim," kata Ganjar.

BERITA TERKAIT:
Rotary Club Lakukan Pelayanan Kesehatan di Dusun Sendiri
Rotary Club "Kasih Untuk NTT", Bagikan Beras ke Warga Pulau Semau
Rotary Club Kembali Lakukan Pelayanan Kesehatan, Kini di Dusun Sendiri Desa Pokdale Kupang
Rotary Club Lakukan Kegiatan Sosial di Desa Takari Kupang
Jateng Kirimkan Bantuan Logistik dan Relawan ke NTT
Jateng Kirimkan Bantuan Logistik dan Relawan ke NTT
Pascagempa Malang, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Bantuan yang dikirim itu, lanjut dia, mungkin tidak seberapa. Namun setidaknya, hal itu diharapkan bisa menyemangati saudara-saudara yang sedang terkena musibah banjir bandang di NTT. "Tidak terlalu banyak, namun ini menunjukkan rasa kemanusiaan, rasa kepedulian dari Jawa Tengah untuk NTT. Apalagi ini banyak yang terlibat, ada yang iuran Rp2 juta, ada yang sampai ratusan juga. Bukan banyaknya, tapi seberapa kita mau membantu saudara-saudara kita yang sedang susah. Ini bagian dari spirit kebersamaan kita," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan sangat bangga pada relawan-relawan BPBD, PMI, Tagana dan instansi kebencanaan lainnya di Jateng yang selalu siap ketika daerah lain terjadi bencana. Mereka selalu sigap berkomunikasi dengan daerah lain ketika terjadi bencana dan siap untuk membantu.

"Mereka sudah sangat terbiasa berkomunikasi antar lembaga seupa di beberapa tempat. Pola kerjasama ini selalu muncul setiap saat terjadi bencana. Mudah-mudahan, apa yang dilakukan kami bisa menyemangati dan bermanfaat," tandas dia.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Jateng, Syafrudin menerangkan, dalam kesempatan itu diberangkatkan 18 relawan dari berbagai instansi untuk membantu penanganan bencana di NTT. Selain itu, bantuan berupa barang senilai Rp503 juta juga diberangkatkan ke sana.

"Untuk relawan yang kami kirimkan berasal dari BPBD Kabupaten kota ada 8 orang, 4 tenaga medis, 2 dari PMI, 2 dari Taruna Siaga Bencana dan 2 pendamping" ungkapnya

Para relawan itu, lanjutnya, akan bertugas selama seminggu. "Sementara ini mereka bertugas selama seminggu. Diperpanjang atau tidak, menunggu situasi yang ada," tandas dia


tags: #ntt #bencana alam #ganjar pranowo #jateng

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI