Pemkab Dukung Revitalisasi Zona Integritas WBK Menuju WBBM di Kejari dan Lapas Brebes

Pada tahun 2021 ini, kami dituntut menerapkan pelayanan berbasis teknologi informasi, agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Rabu, 21 April 2021 | 22:34 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes- Bupati Hj Idza Priyanti SE MH menandaskan, Pemkab Brebes mendukung terselenggaranya revitalisasi pencanangan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Lembaga Pemasyaratan (Lapas) Kelas II B Brebes.
 
"Kami mendukung kejari Brebes dan Lapas Brebes mempertahankan WBK dan menuju WBBM tahun 2021 ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati saat memberikan sambutan pada acara penandatanganan komitmen pembangunan zona integritas Kejaksaan Negeri Brebes dan Lapas II B Brebes Mempertahankan WBK menuju WBBM di Aula Kejari Brebes, Rabu, (21/4/2021).
 
Bupati menjelaskan, pembangun zona integritas WBK menuju WBBM membutuhkan dukungan semua pihak termasuk DPRD, forkopimda dan seluruh komponen masyarakat.
”Kami yakin Kejari Brebes dan Lapas Brebes akan terus tumbuh menjadi lembaga yang akuntabel dan profesional,” paparnya.

Terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Brebes Mernawati mengatakan, komitmen pembangunan zona integritas tersebut merupakan upaya penting untuk menjadikan lembaganya sebagai wilayah bebas korupsi, bersih, dan melayani. Karena itu, dibutuhkan kerja sama semua pihak. Terutama di internal lembaganya.

BERITA TERKAIT:
Brebes Awali Roadshow Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi di Provinsi Jawa Tengah
Pangdam IV Diponegoro Resmikan 3 Jembatan Merah Putih di Brebes
Tanggulangi Banjir di Perkotaan, Pemkab Brebes Fokuskan Bangun Ground Tank dan Normalisasi Sungai
Diduga Belum Kantongi Izin Amdal, YBI Desak Pemkab Brebes Hentikan Aktivitas PT GEI
Belum Kantongi Ijin Amdal, Pemkab Brebes Instruksikan Pembangunan 19 Pabrik Dihentikan

”Beberapa upaya, termasuk perbaikan karakter SDM dan pembenahan sarpras. Termasuk Inovasi Pelayanan Publik. Kami juga akan buka pelayanan tilang drive thru, tujuannya agar masyarakat lebih cepat dalam mendapatkan pelayanan tilang," kata Kajari.

Sementara, KaLapas Kelas II B Brebes Isnawan mengemukakan, pihaknya juga sudah mempersiapkan diri dan siap menuju zona integritas WBBM. "Dimulai dari deklarasi yang kami lakukan beberapa waktu lalu, bahwa kami berkomitmen untuk mewujudkan Lapas Kelas II B Brebes bebas korupsi dan bebas melayani. Yakni, dengan memperbaiki manajemen pola pikir para petugas Lapas," ujar Isnawan.

Dari segi pelayanan, lanjutnya, Lapas Kelas II B Brebes akan meningkatkan pelayanan kepada warga binaan dan masyarakat. Di mana, pelayanan yang selama ini dilakukan secara manual akan beralih ke sistem pelayanan berbasis teknologi informasi atau menggunakan aplikasi. 

"Pada tahun 2021 ini, kami dituntut menerapkan pelayanan berbasis teknologi informasi, agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, baik untuk warga binaan maupun keluarganya yang menjenguk. Nanti kita terapkan aplikasi secara online, tapi tentu saja tetap kita periksa satu persatu sesuai SOP kepada keluarga yang berkunjung," tegas Isnawan. 

Acara yang dilaksanakan di Aula Kejaksaan Negeri Brebes tersebut dihadiri dan disaksikan pula Wakil Bupati Narjo SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Brebes Tornado Edmawan SH, Perwakilan Forkompimda lainnya, Sekda Ir Djoko Gunawan MT Brebes, Asisten Sekda serta Beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemkab Brebes.

***

tags: #pemkab brebes #lapas #inovasi pelayanan publik #kajari

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI