Logo PKB, Gambar: Istimewa

Logo PKB, Gambar: Istimewa

PKB Sentil Kemenag terkait Jemaah Masjid di Bekasi Pakai Masker Diusir

Pengurus masjid perlu dibimbing.

Selasa, 04 Mei 2021 | 13:59 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Anggota jemaah memakai masker diusir Pengurus masjid Al Amanah Medan Satria Bekasi mengusir seorang saat berada di lingkungan masjid. PKB menilai tindakan tersebut harus menjadi evaluasi Kementerian Agama (Kemenag) dan organisasi kemasyarakatan (ormas).

Tindakan pengusiran dan pelarangan terhadap seorang jemaah di Bekasi yang menggunakan masker disebut mencerminkan pengawasan sempit pengurus masjid. Pemahaman sempit ini menurut Maman perlu ada bimbingan.

"Tindakan pengusiran oleh pengurus DKM ke jemaah memakai masker itu tentu sangat disayangkan, ini harus menjadi evaluasi dari Kementerian Agama dan ormas soal pentingnya memberikan bimbingan kepada pengurus masjid," kata Sekretaris Majelis Syuro PKB Maman Imanulhaq, Selasa (4/5).

BERITA TERKAIT:
Beredar Video Deklarasi PKB Banten Dukung Pelaksanaan MLB
Cak Imin Instruksikan Kader PKB Tak Mudik dan Halalbihalal
85 WNA Cina Masuk RI di Tengah Larangan Mudik, Gus AMI: Pemerintah Harus Lebih Peka
PKB Banten Siap Gelar Pra MLB PKB
PKB Sentil Kemenag terkait Jemaah Masjid di Bekasi Pakai Masker Diusir
Sejumlah DPC PKB se Jatim Dukung MLB
PKB Kritik Keras Menteri Nadiem

Ia menilai pengurus masjid di Bekasi itu seharusnya dibimbing menjadi sosok yang profesional. Tak lupa dibekali soal nilai-nilai kesehatan. "Yang pertama adalah bimbingan bagaimana manajemen masjid itu harus betul-betul menjadi manajemen yang profesional, transparan, dan juga mengedepankan nilai-nilai kesehatan dan kebersihan," ujar Maman.

Bimbingan lainnya, menurutnya, soal substansi ajaran Islam. Yakni, kata Maman, membawa kajian Islam yang mencerdaskan.

"Yang kedua adalah bimbingan yang bersifat substansi, sehingga DKM masjid memahami bahwa Islam itu adalah energi untuk transformasi, untuk perdamaian, sehingga dari masjid harus keluar kajian Islam yang partisipatoris, Islam yang mencerahkan dan mencerdaskan," ucap Maman.

Bimbingan terakhir kepada pengurus masjid, menurut Maman, adalah soal melihat bagaimana kondisi masyarakat saat ini. Seperti pemahaman kondisi pandemi COVID-19 saat ini. "Yang ketiga, bimbingan itu pun harus bersifat realistis, artinya pengurus masjid harus dibekali pengetahuan mereka tentang sebuah kondisi realitas yang sedang terjadi, termasuk COVID. Mereka harus tahu, penanganan Covid adalah kewajiban bersama yang harus ditaati," pungkasnya.
 


tags: #pkb #jemaah memakai masker #masjid #diusir

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI