Ilustrasi ASN, Gambar: Istimewa

Ilustrasi ASN, Gambar: Istimewa

Kepala OPD Magelang Pastikan ASN Tak Mudik

ASN perlu memperhatikan peraturan dan/atau kebijakan mengenai pembatasan keluar dan masuk orang yang ditetapkan oleh pemerintah daerah asal dan tujuan perjalanan.

Selasa, 04 Mei 2021 | 15:10 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Magelang - Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono memerintahkan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) setempat memastikan aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu tidak mudik guna mencegah penyebaran corona.

"Apabila ada ASN yang melanggar ketentuan tersebut, maka yang bersangkutan diberikan hukuman disiplin sebagaimana diatur dalam PP Nomor 53/2010 (Disiplin Pegawai Negeri Sipil) dan PP Nomor 49/2018 (Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja)," ungkapnya dalam rilis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Magelang di Magelang, Selasa (4/5).

Ia menyebut para kepala OPD perlu melakukan langkah-langkah yang diperlukan dan penegakan disiplin terhadap ASN dalam mengikuti hal-hal yang disebutkan dalam Surat Edaran Nomor 800/261/430 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah dan/atau Waktu mudik dan/atau Cuti Bagi Pegawai ASN Dalam Pandemi COVID-19 di Lingkungan Pemerintah Kota Magelang. Selain itu mereka wajib melaporkan pelaksanaan SE tersebut paling lambat 19 Mei 2021.

BERITA TERKAIT:
Sadis, Pelajar di Magelang Ini Gugurkan Kandungan Hasil Hugel dengan Kekasihnya
Cek Penyekatan di Dua Lokasi Berbeda, Ganjar Sebut Ada Penurunan Arus Pemudik
Kepala OPD Magelang Pastikan ASN Tak Mudik
Kunjungi Glamping Linggarjati, Ganjar: Keren Sekali, Tempatnya Sejuk dan Asri
Seorang Perempuan Ditemukan Tewas di Terminal Tawangmangu
Galang Dana Pembelian Kapal Selam, Pria di Magelang Jual Kaus
Gegara Penampilan Kuda Lumping, Panggung Kahanan Magelang Jadi Meriah

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPP) Kota Magelang Khudoifah menjelaskan SE tersebut berdasarkan SE Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 08 Tahun 2021 tanggal 7 April 2021. "ASN dan keluarganya dilarang bepergian ke luar daerah atau mudik maupun cuti pada 6-17 Mei 2021," tukasnya.

Menurutnya ASN boleh ke luar daerah pada rentang waktu tersebut dengan syarat sedang melaksanakan perjalanan tugas kedinasan, dengan terlebih dahulu memperoleh surat tugas yang ditandatangani minimal pejabat pimpinan pratama atau kepala OPD.

Selain itu, ASN juga boleh ke luar daerah jika dalam keadaan terpaksa dengan terlebih dahulu mendapat izin tertulis dari kepala OPD masing-masing. "Kalau pun harus ke luar daerah, harus memperhatikan peta zonasi risiko penyebaran COVID-19 yang ditetapkan Satgas Penanganan Covid-19," katanya.

Ia menambahkan ASN perlu memperhatikan peraturan dan/atau kebijakan mengenai pembatasan keluar dan masuk orang yang ditetapkan oleh pemerintah daerah asal dan tujuan perjalanan. Selain itu, katanya, perlu memperhatikan kriteria, persyaratan, dan protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan.

Kemudian ASN juga dilarang mengajukan cuti selama periode tersebut, kecuali cuti melahirkan dan/atau sakit dan alasan penting lainnya. Hal itu, berlaku pula bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Pemberian cuti dilakukan secara akuntabel sesuai persyarakat yang diatur dalam PP Nomor 11/2017 tentang manajemen PNS sebagaimana diubah dengan PP Nomor 17/2020 dan PP Nomor 49/2018," pungkasnya.


tags: #magelang #asn #mudik #opd

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI