Dian Kristiandi: Zakat Berkontribusi Menekan Kemiskinan

Kami salurkan dalam bentuk zakat fitrah, yaitu beras sebanyak 240 paket masing-masing 2,5 kilogram.

Senin, 10 Mei 2021 | 18:30 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jepara– Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan jika zakat jika di kelola dengan baik potensial membantu mengatasi persoalan kemiskinan. Hal ini disampaikan oleh Dian Kristiandi saat menghadiri penyaluran zakat fitrah, infaq dan shodaqoh Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Gedung Shima, Setda Jepara, Senin (10/5/2021). 

“93 persen penduduk Jepara merupakan muslim yang memiliki kewajiban zakat. Jika zakat ditunaikan dan disalurkan secara benar tentu akan membantu pemerintah mengatasi kemiskinan,” ujar Bupati Andi.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengapresiasi sinergitas Korpri dan Baznas Kabupaten Jepara sehingga bisa menampilkan kerja sama program sebagai wujud nyata perilaku Islami dan Pancasilais. Sebanyak 8300 aparatur sipil negara (ASN) di Jepara terus dioptimalkan potensi zakatnya, infak, dan sedekahnya melalui lembaga-lembaga tersebut. 

BERITA TERKAIT:
Cegah Peningkatan Kasus, Bupati Jepara Minta Perusahaan Perketat Penerapan Prokes
TMMD Tahap II Kodim Jepara akan Bangun Jalan dan Rumah di Desa Kunir
Pemkab Jepara Kaji Usulan Jadikan RSUD Kartini Jadi RS Khusus Covid-19
Pembukaan TMMD Sengkuyung II Tahun 2021 Tanpa Upacara
Zona Merah, Penutupan Wisata di Jepara Diperpanjang, Kuliner Hanya Take Away
Antisipasi Melonjaknya Kasus, Pemkab Jepara Tambah Tempat Karantina Terpadu
Zona Merah, Pentas Hiburan Dilarang di Jepara

“Ini sebagai salah satu bentuk nyata kontribusi dari Korpri dalam pengentasan kemiskinan. Bersama dengan Baznas, penyaluran zakat memang sebagain besar masih bersifat konsumtif, namun Baznas juga sudah memulai dengan kegiatan produktif kepada para penerima zakat ini,” jelas Andi.

Sementara itu, Ketua Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko melaporkan, penghimpunan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) rutin dilakukan setiap tahun pada bulan Ramadan. Tentu saja itu di luar ZIS ASN yang rutin disalurkan melalui Basnas yang biasanya dipotong melalui gaji setiap bulan.

Pada penghimpunan ZIS Ramadan tahun ini, terkumpul Rp42,8 juta dari anggota Korpri Kabupaten Jepara. Jumlah itu lalu ditambah dana yang dikeluarkan dari kas Korpri sebanyak Rp10 juta.

“Kami salurkan dalam bentuk zakat fitrah, yaitu beras sebanyak 240 paket masing-masing 2,5 kilogram. Ini kami salurkan lewat Baznas Kabupaten Jepara,” katanya.

Sedangkan penyaluran dalam bentuk sedekah sebanyak 611 amplop masing-masing Rp75 ribu, disalurkan melalui unit Korpri perangkat daerah.  “Untuk diberikan kepada karyawan yang berhak menerima, yaitu berstatus non-PNS tenaga harian lepas,” jelasnya.

Penyaluran zakat Fitrah, Infak, dan Sedekah Korpri Kabupaten Jepara ini dihadiri Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko dan Wakil Ketua Badan Amil zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara, Kusdiyanto serta pimpinan perangkat daerah.


tags: #bupati jepara dian kristiandi #zakat #zis #korpri

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI