Ilustrasi petasan, Foto: Istimewa

Ilustrasi petasan, Foto: Istimewa

Alat Peracik Petasan yang Tewaskan Pemuda Kudus Disita

Ratusan petasan disita.

Sabtu, 15 Mei 2021 | 06:49 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kudus - Kudus - Polisi menetapkan AM (42) atas kasus ledakan petasan yang menewaskan seorang pemuda di Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Alat-alat peracik petasan diamankan dari tangan tersangka yang merupakan penjual petasan.

"Kita ambil barang-barang di rumah dan TKP-nya. Ini alatnya digunakan tersangka menimbang untuk meracik dan membuat petasan," ungkap Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma saat jumpa pers di Mapolres Kudus, Jumat (14/5).

Ia menambahkan, sejumlah barang bukti yang diamankan atas kejadian tersebut. Di antaranya 21 petasan dengan ukuran panjang 16 sentimeter dan 5 sentimeter. Lalu ada satu botol kaca, satu karung sak warna putih, satu buah timbangan, satu buah saringan kopi, dan sebuah plastik. "Barang lain yang kita amankan ada, kertas yang mudah didapatkan," imbuhnya.

BERITA TERKAIT:
Dua Perajin Petasan Ditangkap Lantaran Sebabkan Jari Bocah Putus
Balon Udara Berisi Petasan Meledak, Satu Rumah di Klaten Rusak
Tertimpa Balon Udara Bermuatan Petasan, Satu Rumah di Purbalingga Rusak
DPRD Jateng Minta Pemerintah Lebih Kencang Sosialisasikan Larangan Menyulut Petasan
Empat Orang Tewas Kebumen Akibat Ledakan Petasan, Kapolda: "Low Explosive"
Alat Peracik Petasan yang Tewaskan Pemuda Kudus Disita
Video Pascaledakan Petasan di Kebumen Beredar di Medsos

"Dari Polres Kudus, sudah melaksanakan antisipasi tentang peledak mewaspadai mercon, dulu pernah melaksanakan operasi dan ada dua tersangka, total (bahan peledak) 19,5 kilogram," beberya.

Ia menilai usai kejadian petasan maut tersebut polisi juga langsung melakukan operasi. Ada ratusan petasan yang disita polisi. "Pascapeledakan kita laksanakan perkembangan, ada sebanyak 117 petasan kita sita dan musnahkan," tukasnya.

"Pengguna anak di bawah umur. Saya mengimbau kepada masyarakat agar tidak menyalakan mercon. Karena sangat berbahaya dan mengakibatkan korban jiwa. Maupun luka pada masyarakat," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya petasan meledak menewaskan seorang pemuda dan tiga orang luka-luka di Desa Karangrowo Kecamatan Undaan saat malam takbiran, Rabu (12/5). Dalam kejadian naas tersebut, korban TM (20) meninggal dunia. Sedangkan tiga pemuda lainnya, MA (16), MF (17), dan KA (18) mengalami luka-luka dan dirawat di rumah sakit.


tags: #petasan #tewas #pemuda #kabupaten kudus

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI