Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Foto: Istimewa

Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Foto: Istimewa

Bupati Karanganyar: PTM Juli Mendatang Harus Bisa

Pendidikan tatap muka harus dicoba.

Selasa, 08 Juni 2021 | 15:25 WIB - Didaktika
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Karanganyar - Bupati Karanganyar Juliyatmono mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) mulai tahun ajaran 2021/2022 pada Juli mendatang. Diharapkan, rencana tersebut dapat terealisasi lantaran persiapan sudah maksimal.

Orang nomor satu di Pemkab Karanganyar itu menegaskan bahwa PTM Juli mendatang harus bisa. “Mau tidak mau suka tidak suka, PTM Juli mendatang harus bisa. Apapun risikonya." tuturnya, Senin (7/6/2021).

Juliyatmono mengusulkan, cara PTM nya bisa dilakukan dengan siswa bergantian masuk ke kelas. ”Ada yang masuk pagi ada yang masuk siang. Jam 8 sampai jam 10. Nanti jam 10 sampai jam 12. Kurikulumnya ya menggunakan yang darurat dulu.” jelasnya.

BERITA TERKAIT:
Bupati Karanganyar: PTM Juli Mendatang Harus Bisa
Jokowi: Juli Covid-19 Harus Sudah Hilang

Karena jam pendidikannya tidak penuh. kata dia, sasih ada satu bulan ke depan untuk beradaptasi. Ia berharap Covid-19 bisa mereda bahkan hilang.

Menurut Juliyatmono, ekses anak-anak selalu di rumah mengkhawatirkan, anak-anak kehilangan rasa disiplin, kehilangan rasa tanggung jawab terhadap pendidikannya.

Selain itu, lanjut dia, anak-anak juga mulai kehilangan bimbingan akhlak yang mesti harus diarahkan, dikelola dengan baik di sekolah.

Sementara itu, orang tua harus memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Tak hanya itu, orang tua juga harus mengurusi kebutuhan pendidikan anak-anak.

“Waktu mereka habis untuk bertanggung jawab terhadap pendidikan anak mereka,’’ sambungnya.

Untuk itu, menilai bahwa sekolah berperan penting mengganti peran orang tua di sekolah. Anak juga lebih menuruti perintah guru di sekolah ketimbang orang tuanya di rumah.

”Jadi menurut saya, dengan segala konsekuensi, pendidikan tatap muka harus dicoba. Ini sudah setahun anak-anak tidak sekolah,’’ tukasnya.


tags: #juli #karanganyar #ptm

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI