Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja di Kabupaten Demak, Selasa (8/6) . (Foto: Humas Jateng).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja di Kabupaten Demak, Selasa (8/6) . (Foto: Humas Jateng).

Berbatasan dengan Kudus, Ganjar Perintahkan Demak Antisipasi Kasus Corona

Ada tiga hal yang mesti disiapkan Pemkab Demak.

Rabu, 09 Juni 2021 | 05:51 WIB - Kesehatan
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Demak - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan Kabupaten Demak agar mengantisipasi potensi meledaknya kasus corona. Seban Demak sangat berdekatan dengan Kabupaten Kudus.

Ganjar mengatakan, di Desa Tugu Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak terdapat 26 orang yang terpapar corona. Semuanya melakukan isolasi mandiri.  

BERITA TERKAIT:
Tiba di TPS, Ganjar Tetap Antri dan Tidak Mau Diistimewakan
Kunjungi Lampung, Atikoh dapat Keluhan dari Wanita Tani soal Bantuan dan Pupuk
Relawan Ganjar-Mahfud Korban Aniaya Oknum TNI Kembali Harus Rawat Inap karena Pendarahan
Terkait Penganiayaan Relawan Ganjar-Mahfud, Kodam IV Diponegoro Akui Periksa 15 Anggotanya
Ketua TPD Ganjar-Mahfud Jawa Tengah Sesalkan Tindak Kekerasan TNI pada Relawannya di Boyolali

“Karena Kudus nempel sama Demak dan sudah merah, kita harus belajar dari Kudus,” kata Ganjar, saat kunjungan kerja di Kabupaten Demak, Selasa (8/6).

Ganjar mengatakan, ada tiga hal yang mesti disiapkan Pemkab Demak. Pertama, Ganjar meminta Pemkab Demak menyiapkan tempat isolasi terpusat.

“Siapkan. Sudah siap di dua tempat tapi kalau saya melihat jumlahnya pasti kurang itu, maka saya minta untuk yang skenario gedung ke 3,4,5 sampai kemudian pada skenario terburuk,” ucapnya.

Skenario terburuk yang dimaksudnya adalah jika terjadi ledakan kasus dan Pemkab Demak mengalami kesulitan. Sehingga Pemprov bisa mengintervensi dan menjemput pasien untuk dibawa ke Isolasi terpusat yang disiapkan.

“Kedua, saya minta penambahan tempat tidur. Meskipun ledakannya tidak seperti di Kudus, tapi musti siap-siap karena Demak ini nempel. Sehingga tempat tidur maupun ICU untuk isolasi rumah sakit saya minta untuk ditambah,” tegas dia

Yang ketiga, lanjut Ganjar, libatkan seluruh komponen masyarakat. Seperti TNI Polri yang sudah siap membantu. Kemudian tokoh agama. Kaitannya untuk mengedukasi warga. Sehingga tidak ada cerita menolak diisolasi terpusat.

“Selebihnya kita minta untuk koordinasi, maka sistem informasi ini perlu diberikan kepada publik agar publik tahu. Rumah sakit di sini tempat tidurnya masih ada berapa, sehingga masyarakat aware pada soal ini,” pungkas Ganjar

***

tags: #ganjar #gubernur jateng #demak

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI