Jajaran Polres Magelang saat menggelar jumpa pers kasus pencurian besi di KSPN Borobudur, Selasa (8/6). (Foto: Humas Polda Jateng).

Jajaran Polres Magelang saat menggelar jumpa pers kasus pencurian besi di KSPN Borobudur, Selasa (8/6). (Foto: Humas Polda Jateng).

Curi Besi di KSPN Borobudur, Seorang Satpam di Magelang Ini Terancam Hukuman Penjara

Tim Sat Reskrim Polres  Magelang melakukan serangkaian kegiatan penyelidikan.

Rabu, 09 Juni 2021 | 08:06 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Magelang - Seorang pria warga asal Kadigunung, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang ditangkap jajaran Polres Magelang setelah mencuri sejumlah besi tree grate pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. 

WakaPolres Magelang Kompol Aron Sebastian tersangka itu berinisial BD (44) yang sehari hari berprofesi sebagai satpam. Penangkapan tersangka bermula dari laporan korban yaitu PT. Sumber Wijaya Sakti dan PT Dian Mosesa Perkasa selaku yang mengerjakan proyek rehabilitasi jalan selanjang pada KSPN Borobudur. 

"Korban mengaku kehilangan sejumlah 179 besi tree grate yang sudah terpasang di bawah pohon di trotoar sepanjang Jalan  Mayor Kusen Kecamatan Borobudur dan Jalan Syailendra Kecamatan Mungkid  pada tanggal 23 Maret - 2 Juni 2021," kata Kompol Aron, saat jumpa pers di kantor dinasnya, Selasa (8/6).

BERITA TERKAIT:
Akmil Lakukan Ujian OMP, Diikuti 227 Taruna Tingkat IV
Curi Besi di KSPN Borobudur, Seorang Satpam di Magelang Ini Terancam Hukuman Penjara
Tenggelam di Sungai Lungge Temanggung, Remaja ini Ditemukan Tewas
Pendaki Asal Magelang Meninggal di Pos 5 Gunung Slamet, Diduga Hipotermia
Polisi Tangkap Pelaku Kasus Balon Udara di Klaten, Kelimanya Warga Magelang
Sadis, Pelajar di Magelang Ini Gugurkan Kandungan Hasil Hugel dengan Kekasihnya
Cek Penyekatan di Dua Lokasi Berbeda, Ganjar Sebut Ada Penurunan Arus Pemudik

Atas kejadian tersebut, kata dia, pihak kontraktor mengalami kerugian sebesar Rp 152.150.000. 

"kemudian korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Magelang," jelasnya.

Mendapat laporan dari korban, Tim Sat Reskrim Polres  Magelang melakukan serangkaian kegiatan penyelidikan.  Dari situ, tim mendapat informasi bahwa terdapat potongan potongan besi yang polanya mirip dengan besi tree grate yang dicuri di salah satu tukang rosok di daerah Kota Magelang.

Setelah dilakukan pengecekan oleh tim, ternyata benar dan tim juga mengungkap bahwa potongan besi tersebut sebanyak 160 kg.

Kasatreskrim Polres Magelang AKP M. Alfan Armin yang ikut mendampingi kegiatan tersebut megatakan, Dari hasil keterangan dari tukang rongsok tersebut, tim kemudian dapat mengidentifikasi orang yang menjual besi tersebut kepada tukang rongsok. ciri-cirinya mirip seperti yang disebutkan oleh Saksi yang pernah melihat pelaku pencurian.

"Selanjutnya tim menangkap Tersangka BD di rumahnya dan menyita Barang Bukti berupa palu untuk memecah besi dan motor sarana yang dipakai oleh Tersangka untuk mencuri," ucap AKP Alfan

Kini tersangka BD dijerat dengan Pasal  362 KUHP dengan ancaman maksimal   lima tahun penjara. 

"Perlu Diketahui, BD merupakan residivis kasus pencurian pada tahun 2008," beber dia.


tags: #magelang #polres #pencurian

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI