MenPAN RB Tjahjo Kumolo. Foto istimewa.

MenPAN RB Tjahjo Kumolo. Foto istimewa.

Tjahjo Kumolo Bantah Ingin Bubarkan Dewan Pers

Perampingan atau integrasi, itu diakui Tjahjo memang disebut saat rapat kerja dengan Komisi II DPR pada Selasa, 8 Juni 2021.

Rabu, 09 Juni 2021 | 20:51 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo, mengaku memang mengatakan Presiden Joko Widodo akan kembali membubarkan sejumlah lembaga negara demi perampingan birokrasi. Namun dirinya menyatakan tidak pernah menyebut nama lembaga yang akan dibubarkan.

Dan Tjahjo, Rabu, 9 Juni 2021, secara tegas menyatakan tidak akan membubarkan tiga lembaga negara yang berada di bawah Kemenkominfo. “Tidak pernah, tidak pernah kita menyebut nama lembaga, apalagi Dewan Pers, lembaga penting dan harus ada,” ucapnya.

Sebelumnya, seperti dikutip dari Tempo Rabu (9/6), di salah satu kolom opini di sebuah media menyebutkan Menteri Tjahjo akan membubarkan lembaga negara Nonstruktural. Penulis kolom itu menduga lembaga yang akan dibubarkan adalah Dewan Pers, Komisi Informasi, dan Komisi Penyiaran.

BERITA TERKAIT:
MenPAN-RB: ASN Dilarang Ambil Cuti "Hari Kejepit"
Percepat Birokrasi, Tahun Ini Pemerintah akan Kembali Bubarkan LNS
Tjahjo Kumolo Bantah Ingin Bubarkan Dewan Pers
Tjahjo Kumolo Harap MPP Kendal Jadi Penggerak Pertumbuhan Ekonomi
Empat Instansi Akan Gabung di Mal Pelayanan Publik Batang

Perampingan atau integrasi, itu diakui Tjahjo memang disebut saat rapat kerja dengan Komisi II DPR pada Selasa, 8 Juni 2021. Meski begitu, disampaikan Tjahjo, yang dimaksud integrasi itu adalah menggabungkan posisi eselon di bawah kementerian. “Misal di Kementerian Dalam Negeri ada badan yg menampung 3 eselon 1 maka bisa diintegrasikan dengan eselon I kementerian, tapi karena UU bukan maka prosesnya harus kajian bersama DPR,” ungkapnya.

Dalam Rapat Kerja Komisi II DPR RI dengan Menpan RB yang disiarkan di kanal Youtube DPR RI, Selasa, 8 Juni 2021, Tjahjo mengatakan pemerintah akan membubarkan lembaga yang dibentuk lewat undang-undang, sehingga harus dengan persetujuan DPR RI. Meski begitu, Ia tidak merinci lembaga negara mana saja yang akan dibubarkan.


tags: #menpan-rb #tjahjo kumolo #lembaga negara #dewan pers

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI