Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof dr. Wiku Adisasmito.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof dr. Wiku Adisasmito.

Penuhi Cakupan 70%, Pemerintah Targetkan Vaksinasi Kelompok Usia di Atas 18 Tahun

Masyarakat yang telah menerima vaksin COVID-19, per 8 Juni 2021 sudah mencapai 40,3 juta orang.

Kamis, 10 Juni 2021 | 10:55 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Guna mengupayakan cakupan vaksinasi sebesar 70 persen di seluruh Indonesia dapat tercapai, Pemerintah mentargetkan kelompok usia di atas 18 tahun juga akan mendapatkan vaksin COVID-19.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, menyampaikan hal itu dalam keterangan resminya, Kamis (10/6/2021). "Tentunya usia di atas 18 tahun adalah salah satu kelompok masyarakat yang menjadi target pemerintah dan pasti akan kita vaksinasi sesuai prioritas kelompok-kelompok tersebut," ucapnya.

BERITA TERKAIT:
Jawa Tengah Cetak Sebaran Wilayah Terbanyak di Jawa Kasus Covid-19 Pekan Ini
Varian Delta, Bikin Kasus Baru Covid-19 di Indonesia Tembus 125Ribu per Minggu
WHO Minta Indonesia Terapkan PSBB Ketat, dr Wiku: Laksanakan PPKM Mikro
Penuhi Cakupan 70%, Pemerintah Targetkan Vaksinasi Kelompok Usia di Atas 18 Tahun
Ada Perubahan, Satgas COVID-19 Optimis PPKM Berdampak Signifikan

Percepatan vaksinasi, imbuh Prof Wiku, terus dilakukan pada kelompok-kelompok prioritas berisiko terpapar COVID-19, selain kelompok usia di atas 18 tahun yang juga akan diberikan vaksin.

Pemerintah, ujar Wiku, telah mempersiapkan jadwal terkait ketersediaan vaksin yang ada. Saat ini pemerintah telah menjadwalkan sesuai dengan tahapannya, ada beberapa kelompok risiko yang sudah dilakukan vaksinasi seperti warga lanjut usia (lansia) dan pra lansia serta populasi kunci pembangunan nasional seperti guru.

Masyarakat yang telah menerima vaksin COVID-19, per 8 Juni 2021 sudah mencapai 40,3 juta orang. Terdiri dari sumber daya manusia kesehatan, dan petugas pelayanan publik.

Selain itu, dorongan terus dilakukan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk terus melakukan peningkatan jumlah masyarakat yang menerima vaksin. "Sehingga semakin banyak yang terlindungi, sekaligus meminimalisasi penularan yang terjadi di masyarakat," pungkasnya.

***

tags: #juru bicara satgas penanganan covid-19 #vaksinasi #lansia #guru

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI