Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Foto: Istimewa

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Foto: Istimewa

57 Santri Ponpes Andalusia Banjarnegara Terpapar Covid-19

Santri yang negatif corona dipulangkan.

Jumat, 11 Juni 2021 | 09:32 WIB - Kesehatan
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Banjarnegara -  Sebanyak 57 santri di Pondok Pesantren Andalusia di Kelurahan Sokanandi Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah terpapar Covid-19. Para santri tersebut kini dikarantina di dalam area ponpes.

"Sebelumnya, kami telah melakukan tes swab kepada 99 santri di Pondok Pesantren Andalusia. Dari 99 santri yang dites swab, 57 di antaranya hasilnya positif COVID-19," ungkap Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, beberapa waktu lalu.

Sementara santri dengan hasil negatif, akan dipulangkan secara berkala. "Yang positif kami karantina dulu di Ponpes Andalusia. Sedangkan yang negatif pulang. Tetapi bertahap, agar tidak menimbulkan kerumunan saat penjemputan santri-santri tersebut," pungkasnya.

BERITA TERKAIT:
57 Santri Ponpes Andalusia Banjarnegara Terpapar Covid-19
BMKG: Banjarnegara Masuk Awal Musim Kemarau Juni
Jual Kosmetik Ilegal, IRT di Banjarnegara Terancam Denda Rp2 M
Karyawan Warung Makan Banjarnegara Tewas Gantung Diri
Mayat Pria Ditemukan Mengambang di Waduk Mrica Banjarnegara
Sore Tadi, Kebakaran di Pasar Kota Banjarnegara Berhasil Dipadamkan
Bocah Enam Tahun di Banjarnegara Hanyut di Sungai

Ia menegaskan, dari 57 santri yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut, hanya mengalami gejala ringan. Ada juga beberapa dari mereka yang tanpa gejala.

"Kondisi santri yang positif Covid-19 sebagian hanya gejala ringan seperti batuk dan pilek, sedangkan sebagiannya lagi tanpa gejala. Jadi semuanya dikarantina di pondok pesantren," tukasnya.

Namun demikian, ia menugaskan kepada Dinas Kesehatan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara untuk terus memantau perkembangan para santri tersebut.

"Saya sudah intruksikan Dinas Kesehatan dan BPBD untuk mengawasi dan memantau perkembangannya. Kepada masyarakat, kami imbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Jika ada gejala batuk, pilek, atau sesak nafas silahkan ke puskesmas akan kami layani dengan baik," pungkasnya.


tags: #kabupaten banjarnegara #pondok pesantren andalusia #santri #terpapar covid-19

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI