Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Foto: Istimewa

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Foto: Istimewa

Pilpres 2024, NasDem Gaet Anies-Ridwan Kamil

Kedekatan Anies, RK, dan Khofifah dengan NasDem tidak serta merta menjadi pertimbangan utama dalam menentukan capres.

Jumat, 11 Juni 2021 | 12:10 WIB - Politik
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu sejak subuh tadi. Lantas muncul isu keduanya akan maju dalam Pilpres 2024. Menanggapi hal ini, Waketum NasDem Ahmad Ali menilai sah-sah saja jika Anies dan RK digadang-gadang akan meramaikan kontestasi Pilpres 2024. 

"Artinya begini, kalau kemudian orang melihat kebersamaan Pak Anies dan Pak RK dalam satu tempat, terus kemudian diasosiasikan ini pasangan calon, ya sah-sah saja," ungkapnya, Jumat (11/6).

Tak hanya itu, ia pun menyebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. "Sama ketika Anies dengan Khofifah, dua-duanya dipersonifikasikan deklarator NasDem, itu tak terbantahkan, bahwa mereka pernah interaksi dekat dengan ketum NasDem," jelasnya.

BERITA TERKAIT:
Jokowi Beri Arahan Anies dkk Penanganan Corona
Pilpres 2024, NasDem Gaet Anies-Ridwan Kamil
Anies-Ridwan Kamil Ketemu Sejak Subuh, Bahas Apa?
Elite PDIP Usul Puan-Anies di Pilpres 2024, Ini Tanggapan Gerindra
Jelang HUT DKI, Anies Yakin Jakarta Bangkit dari Corona
Soal Pilpres 2024, Pangi Chaniago: Masyarakat Ingin Capres Lebih dari Dua
PKS Kritik Anies Terkait Ziarah Dilarang

Namun demikian, Ali menekankan NasDem akan tetap sesuai dengan rencana awal. NasDem bakal menggelar konvensi untuk menentukan siapa capres mereka. "Kontestasi politik ini adalah untuk semua anak bangsa, tidak terbatas oleh ruang partai politik. Ada akademisi, ada pengusaha, ada teknokrat, ada aktivis yang punya gagasan. Nah kontestasi itu kita buka melalui konvensi, itu ruang partisipasi," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kedekatan Anies, RK, dan Khofifah dengan NasDem tidak serta merta menjadi pertimbangan utama dalam menentukan capres. Anggota DPR RI itu mengungkapkan NasDem akan mengajak Anies, RK dan Khofifah ikut dalam konvensi capres.

"Sehingga kemudian personifikasi ketiga figur tadi memiliki kedekatan dengan NasDem itu iya. Tetapi kemudian itu tidak menjadi alasan kita, dan NasDem tidak akan pernah menunjuk orang sesuai selera ketum. Bahwa figur-figur tersebut menjadi harapan NasDem atau mengajak mereka untuk ikut dalam konvensi nanti, itu iya," lanjutnya.

Ia pun memastikan pemenang dalam konvensi pasti akan dicalonkan sebagai capres di 2024. Karena itu, konvensi akan digelar jika syarat pencapresan sudah terpenuhi. Artinya, konvensi capres NasDem akan bekerja sama dengan partai lain supaya syarat pencapresan terpenuhi.

"Tapi bahwa kemudian konvensi ini juga harus besar, bukan konvensi abal-abal. Konvensi ini betul-betul untuk mencari pemimpin, sehingga siapa nanti atau pemenang di konvensi ini pasti akan tetap maju sebagai capres. Karena partai penyelenggara konvensi sudah memenuhi syarat pencalonan. Jadi ketum (Surya Paloh) sedang membangun komunikasi politik," tukasnya.

Lantas, siapa partai yang diajak bekerja sama atau koalisi dengan NasDem? Ali menyebut dua partai. "PKS dan PAN," pungkasnya.


tags: #anies baswedan #ridwan kamil #partai nasdem #pilpres 2024

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI