Calon Siswa Baru di Sekolah Negeri Semarang Wajib Ikuti Pra Pendaftaran

Jika tidak ikut pra pendaftaran, maka siswa tidak bisa mendaftar di sekolah negeri.

Jumat, 11 Juni 2021 | 12:25 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Para calon siswa yang mendaftar di sekolah negeri di Kota Semarang baik tingkat Tk, SD, SMP wajib mengikuti pra pendaftaran. Pra pendaftaran ini memiliki fungsi khsusus. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya me-launching penerimaan peserta didik (PPD) untuk tahun ajaran 2021-2022. Pada tahun ini, semua calon peserta didik wajib mengikuti rangkaian pendaftaran, yakni Pra pendaftaran.

"Pra pendaftaran untuk tingkat TK dan SD dilaksanakan mulai 13 Juni, sementara untuk tingkat SMP pada 20 Juni," kata Gunawan, di Kantor Dinasnya, Jumat (11/6/2021). 

BERITA TERKAIT:
Dies Natalis ke-37, Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata akan Gelar Talkshow PTM
Calon Siswa Baru di Sekolah Negeri Semarang Wajib Ikuti Pra Pendaftaran
Hari Ini Pengumuman Kelulusan, Gibran Larang Konvoi
4.688 Calon Siswa Ikuti PPDB Kota Magelang
Mulai 26 April, Disdik Kota Semarang Gelar Ujicoba PTM Tahap Dua di Tingkat Kecamatan
Disdik Kota Semarang Tanggapi Positif Soal Ajakan Gubernur Jateng Terkait Doa Bersama
Uji Coba PTM di Jateng, Hanya Ada Satu SMP di Kota Semarang

Pra pendaftaran ini, kata dia bersifat wajib. Jika tidak ikut pra pendaftaran, maka siswa tidak bisa mendaftar di sekolah negeri. "Pra pendaftaran ini berguna jika ada data kependudukan atau nilai rapor serta prestasi yang tidak sesuai. Jadi bisa diperbaiki peserta didik sendiri ataupun sekolah," jelasnya.

Dalam tahap ini, kata Gunawan, peserta harus membuat akun untuk mendaftar PPD yang dilakukan secara online. Ia melanjutkan, karena masih masa pandemi, PPD dilakukan tanpa pemberkasan. Berkas dari siswa bisa diketahui by sistem ketika memasukkan NIK dan tanggal lahir.

"Nantinya disistem akan muncul zonasi sekolah, nilai usia sekolah, nilai lingkungan untuk tingkat SD. Sementara untuk tingkat SMP, akan muncul nilai zonasi, nilai rapor serta nilai lingkungan," terang dia.


tags: #dinas pendidikan #kota semarang #siswa #pendaftaran

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI