TPU Jatisari Mijen Semarang (foto; istimewa)

TPU Jatisari Mijen Semarang (foto; istimewa)

Ketersediaan Lubang Makam di TPU Jatisari Mijen Semarang Makin Menipis

Dari 3 hektare yang dipakai itu dalam hitung-hitungan kami, hanya bisa menampung sekitar 600 lubang.

Jumat, 11 Juni 2021 | 12:59 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Ketersediaan lubang makam di Tempat pemakaman Umum (TPU) Jatisari, Mijen, Kota Semarang, ternyata makin menipis.

Kepala Seksi Penyelenggaraan pemakaman pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, Djuniadi mengatakan luasan lahan makam Jatisari sendiri sebenarnya mencapai 13 hektare. Namun karena faktor tertentu, lahan yang difungsikan untuk pemakaman sementara ini hanya 3 hektare. 

"Dari 3 hektare yang dipakai itu dalam hitung-hitungan kami, hanya bisa menampung sekitar 600 lubang untuk pemakaman hingga akhir tahun ini," kata Djuniadi, Jumat (1/6).

BERITA TERKAIT:
Ketersediaan Lubang Makam di TPU Jatisari Mijen Semarang Makin Menipis
Penggali Kubur TPU Jatisari Semarang Sudah Makamkan 400an Pasien Corona

Ia menjelaskan, makin menyempitnya ketersediaan lubang di area tersebut karena banyak orang yang meninggal dan dimakamkan di tempat itu. Termasuk karena makam tersebut menjadi makam korban corona.

Dia menjelaskan, awalnya TPU tersebut merupakan pemakaman seperti pada umumnya. Dalam perkembangan waktu, melihat areanya yang luas, TPU itu dijadikan pemakaman korban Covid-19 oleh Pemerintah Kota Semarang.

"Setahun masa pandemi Covid-19 ini, makam ini sudah menampung sekitar 500-an orang yang meninggal karena Covid-19," jelasnya.


tags: #tpu jatisari #kota semarang #pemakaman

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI