Foto istimewa.

Foto istimewa.

Damkar Internal Pertamina Berhasil Padamkan Kebakaran Kilang Tangki di Cilacap

InsyaAllah, korban tidak ada.

Sabtu, 12 Juni 2021 | 00:24 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Cilacap- Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, saat siaran langsung di breaking news Metro TV, Jumat (11/6/2021) menyampaikan kebakaran yang melanda di area Tangki T39 kompleks kilang Paracilin PT Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah, sudah berhasil dipadamkan.

"Posisi masyarakat (yang menonton) sudah kembali ke rumah masing masing, dan arus lalu linta yang tadinya ditutup sementara sekarang sudah mulai dibuka, dan kembali normal" kata Syamsul.

Area kilang minyak yang terbakar itu, disampaikan Syamsul, lumayan dekat. "Lumayan dekat, ada beberapa kilang minyak Pertamina yang dekat dengan penduduk. "Tadi teman teman Forkopimda, TNI, Polri bergerak cepat termasuk komunikasi aktif dengan teman teman Pertamina, kebetulan pula penanganan tim pemadal internal Pertamina juga cepat sehingga sudah kondusif kembali," ucapnya.

BERITA TERKAIT:
Pascakebakaran, Pertamina Pastikan Kualitas Udara dan air di Cilacap Aman
Kebakaran Kilang Minyak Cilacap Jangan Dianggap Remeh
Masih Ada Satu Titik Api di Kilang Cilacap, Pertamina Terus Lakukan Upaya Pemadaman
Kilang Cilacap Kebakaran, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG di Jateng DIY Tetap Aman
Disemprot Foam, Kobaran Api di Kilang Pertamina Cilacap Berhasil Padam
Tangki Pertamina yang Terbakar Semalam Berisi Benzene
Damkar Internal Pertamina Berhasil Padamkan Kebakaran Kilang Tangki di Cilacap

Syamsul belum berani memastikan ada atau tidaknya korban dalam kebakaran itu. "InsyaAllah, korban tidak ada. Tapi kami ini masih tetap menunggu investigasi lebih lengkap dari internal Pertamina," sambungnya.

Terkait dengan penyebab kebakaran itu, Syamsul juga meminta masyarakat menunggu dari investigasi pihak Pertamina. "Informasi dugaan belum didapatkan, sekali lagi kepastiannya menunggu investigasi. Namun dari sejak Maghrib, itu hujan cukup deras di Cilacap termasuk ada petir. Jadi masyarakat ada yang menyampaikan atau analisa awalnya mungkin karena petir. Akan tetapi untuk kepastiannya menunggu hasil investigasi Pertamina," jelasnya.

Syamsul menyatakan pihaknya khususnya Damkar Pemkab Cilacap selalu stand by bila sewaktu waktu Pertamina membutuhkan bantuan dari pihak luar. "Kita juga sudah kontak dengan unit pemadam kebakaran perusahaan lainnya untuk siap membantu juga dibutuhkan," ujarnya.

Sedangkan menurut Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iskandar F Sutisna, kebakaran telah berhasil dipadamkan pukul 21.00 WIB. Saat kejadian, imbuh Iskandar, lokasi kebakaran diguyur hujan deras. "Cuaca di lokasi TKP hujan deras. Saat ini api sudah bisa dikendalikan dan dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB," ucapnya.

Saat ini pihak kepolisian setempat, imbuh Iskandar, masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. "Untuk penyebab masih dalam proses penyelidikan oleh pihak HSSE (Health, Safety, Security and Environmental) Pertamina RU IV Cilacap," katanya.


tags: #pertamina #cilacap #wakil bupati #kebakaran #kilang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI