Kunjungi Kabupaten Kudus, Kapolri Perintahkan Penguatan Testing dan Tracing

Hal ini Mengingat kasus harian yang terjadi di Kabupaten Kudus masih cukup tinggi

Jumat, 18 Juni 2021 | 06:18 WIB - Kesehatan
Penulis: Holy . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Kudus - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Kesehtan Budi Gunadi Sadikin meninjau langsung vaksinasi di Pabrik Sukuntex, Kecamatan Ngebok, dan Pura Terban, di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Kamis (17/6/2021).

Sebelumnya Dinas Kesehatan telah mengirimkan sebanyak 50.000 vaksin di Kabupaten Kudus.

Dalam kesempatan itu, Jenderal Sigit memerintahkan instansi terkait setempat untuk memperkuat testing dan Tracing pada masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien yang dinyatakan covid-19. Hal ininMengingat kasus harian yang terjadi di Kabupaten Kudus masih cukup tinggi.

"Begitu tahu pernah melakukan kontak erat dengan pasien corona, tolong segera datang ke satgas atau ke PPKM Mikro minta untuk dicek, bila positif maka selanjutnya ikuti arahan dari PPKM,"jelas Sigit

Ia juga meminta masyarakat yang dinyatakan reaktif atau positif untuk melakukan isolasi mandiri ditempat isolasi terpusat yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah, sehingga masyarakat mudah dipantau oleh tenaga medis yang telah ditugaskan ditempat tersebut.

"Tolong bagi Masyarakat yang kedapatan reaktif untuk mau melaksanakan isolasi mendiri di tempat isolasi terpusat yang sudah dipersiapkan didalamnya ada tenaga kesehatan dan obat-obatanya sehingga kesembuhanya akan lebih cepat," tegasnya

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan PPKM Mikro akan dilakukan Secara ketat baik di zona merah, zona orange dan zona kuning.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan PPKM Mikro dengan penjelasan diantaranya adalah melakukan Tracing pada orang yang telah kontak erat dan melakukan isolasi mandiri termasuk juga mengawasi berkumpulnya masyarakat tidak boleh lebih dari tiga orag dan menutup kegiatan sesuai dengan kesepakatan dengan warga dan Ketua RT.

"PPKM Mikro yang akan dilaksanakan ini sangat menunjang kesembuhan sehingga bisa menekan angka kasus covid-19 sampai angka yang terendah," Kata Panglima TNI

BERITA TERKAIT:
Vaksin Sinopharm Sebanyak 1,1 Juta Telah Mendarat di Indonesia
AstraZeneca Telah Kirim Sebanyak 14,7 Juta Vaksin ke Indonesia
Gegara Sidak, Ganjar Perintahkan Jajarannya Percepat Vaksinasi
1,4 Juta Dosis Vaksin Sinopharm Tiba di RI
Kimia Farma Layani Vaksinasi Covid-19 Berbayar Mulai Senin
Hingga Awal Juli, Indonesia Telah Amankan 100 Juta Dosis Vaksin
Satu Juta Vaksin Bantuan dari Jepang Mendarat di Indonesia Tanggal 1 Juli


tags: #vaksin #listyo sigit prabowo #kudus #corona #tracing

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI