Proses evakuasi remaja terapung di tengah laut. Foto: Istimewa.

Proses evakuasi remaja terapung di tengah laut. Foto: Istimewa.

TNI AL Selamatkan Remaja Terapung di Tengah Laut

Remaja itu berusaha mempertahankan daya apungnya berenang tanpa arah karena sekelilingnya tidak terlihat daratan.

Senin, 21 Juni 2021 | 05:50 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Jakarta – Seorang remaja terombang ambing di tengah laut sekitar 25 NM atau sekitar 45 KM dari daratan Provinsi Banten. Beruntung, keberadaan bocah itu ditemukan KRI Sembilang (SBL)-850. Diketahui, remaja tersebut terjatuh dari sebuah kapal penyebrangan dari Kronjo Banten menuju Pulau Harapan di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (18/6/2021).

Terkait hal itu, Komandan KRI Sembilang-850, Mayor laut (P) Nanang Khunaifi menerangkan bahwa petugas mendapati remaja itu sekitar pukul 08.30 WIB saat Sembilang-850 yang sedang melaksanakan patroli keamanan laut di perairan Barat laut Pulau Laki.

BERITA TERKAIT:
Pulang Main Game Online, Remaja di Semarang Malah Jadi Korban Pembacokan
Hendak Tawuran, Tujuh Remaja Diamankan Polisi
Fenomena Citayam Fashion Week: Lenggak-lenggok di Zebra Cross, Semua Orang Boleh Jadi Model 
Orangtua Wajib Tau! Satu dari Tiga Anak Merasa Tak Aman di Sekolah 
Terlalu Kencang Kendarai Motor, Remaja 14 Tahun di Klaten Tewas Tabrak Truk Mogok

Sebelum ditemukan, kata dia, juru pengawas dari TNI AL melihat kontak visual benda terapung di haluan lambung kiri dengan jarak 100 meter. ”Setelah mendekat kurang lebih jarak 50 meter, terlihat sosok seseorang sedang terapung-apung,” jelasnya.

Kemudian, Komandan KRI SBL-850 memerintahkan Peran Pertolongan Orang Jatuh di laut, lalu menurunkan perahu sekoci di perairan Barat laut Pulau Laki sekitar 25 NM dari daratan Banten untuk melaksanakan evakuasi terhadap orang tersebut.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa remaja itu berusaha mempertahankan daya apungnya berenang tanpa arah karena sekelilingnya tidak terlihat daratan. Kemudian, tim Rescue menaikan remaja itu ke atas sekoci selanjutnya dibawa menuju KRI Sembilang-850 untuk dilaksanakan pertolongan pertama.


tags: #remaja #laut #tni al

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI