Logo PAN, Foto: Istimewa

Logo PAN, Foto: Istimewa

PPKM Sudah Tamat, PAN: Saatnya Lockdown Akhir Pekan

Saleh menilai lockdown akhir pekan bisa disesuaikan dengan zonasi penyebaran virus Covid.

Selasa, 22 Juni 2021 | 08:37 WIB - Politik
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay menilai kebijakan PPKM Mikro yang dilakukan untuk menekan penyebaran Covid tak lagi efektif. Untuk itu ia menyarankan agar dilakukan lockdown akhir pekan.

"PPKM yang sudah dilaksanakan berjilid-jilid itu, kalau ibarat buku sudah tamat itu sebetulnya. Tapi belum menghasilkan sesuai yang signifikan terhadap perubahan keterpaparan," ungkapnya, Senin (21/6).

"Mungkin pemerintah harus mencari alternatif lain selain PPKM. Salah satu alternatif yang dulu sudah pernah saya umumkan, sudah pernah saya minta itu adalah lockdown akhir pekan," sambungnya.

BERITA TERKAIT:
Ketua PAN: Saya Tak Mau Dengar Anggota DPR Tak Dapat ICU Lagi
Wasekjennya Usul Pemerintah Bikin RS Khusus Pejabat, PAN Minta Maaf
PAN: Bantuan Luar Sia-Sia Jika Warga Tak Disiplin Prokes
Harga Oksigen Medis Tembus Rp 2 Juta, DPRD Desak Gubernur Jateng Turun ke Lapangan
PAN: PPKM Darurat Versi Luhut Hampir Sama dengan Lockdown
Terkait Isoman Berbayar, PAN: Penanganan Corona Jangan Dikomersialisasi
Eko Patrio Sebut Erick Thohir Pemecah Kebuntuan Capres

Selain itu, ia meminta agar lockdown akhir pekan itu diterapkan. Dia mencontohkan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang meminta warganya untuk di rumah saja saat akhir pekan.

"Lockdown akhir pekan itu kan tempo hari dianggap pilihan yang kurang baik, padahal belum pernah dicoba. Hari ini Anies Baswedan saja di Jakarta sudah mengatakan kalau akhir pekan kalau bisa kita di rumah saja, itu sama aja sebetulnya meminta kita lockdown akhir pekan," jelasnya.

Ia menilai lockdown akhir pekan bisa disesuaikan dengan zonasi penyebaran virus Covid. Dia menyarankan agar daerah di zona merah dan oranye segera diterapkan lockdown akhir pekan.

"Lockdown akhir pekan itu dia harus dilihat dari peta persebaran dulu. Jadi kalau peta penyebaran itu zonanya merah dan oranye, saya kira itu bisa. Tapi kalau yang hijau yang perlu dikawal itu jangan sampai ada orang yang keluar masuk tanpa dipastikan orang tersebut sehat, jadi tinggal melihat perbatasan-perbatasan saja, supaya tidak ada mutasi, migrasi dari virus dari satu daerah ke daerah lain. Kalau di tempat merah dan oranye saya kira sudah bisa dilakukan lockdown akhir pekan itu," pungkasnya.


tags: #pan #ppkm mikro

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI