Ilustrasi tempat tidur pasien Corona. Foto: Istimewa.

Ilustrasi tempat tidur pasien Corona. Foto: Istimewa.

Covid-19 Melonjak, Sejumlah RS di Wonogiri Tambah Bed

Setiap desa diminta untuk menyiapkan lokasi isolasi terpusat sesuai dengan petunjuk Bupati Wonogiri.

Selasa, 22 Juni 2021 | 09:49 WIB - Kesehatan
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Wonogiri - Bed occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur bagi pasien corona di seluruh rumah sakit di Kabupaten Wonogiri telah mencapai 77,20 persen. Hal tersebut membuat sejumlah rumah sakit melakukan penambahan tempat tidur (bed). Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinkes Wonogiri Adhi Dharma, Senin (21/6/2021).

Adhi mengatakan, BOR di seluruh rumah sakit di Wonogiri mencapai 77, 20 persen. BOR itu dinilai sudah melampaui ambang batas yang ditentukan World Health Organization (WHO) yakni 70 persen. Jika BOR sudah melebihi 70 persen maka harus disiapkan bed tambahan.

“Jadi, total jumlah TT isolasi di seluruh rumah sakit di Wonogiri ada 283. Itu belum termasuk tambahan TT yang kini telah ditambahkan. Pihaknya masih menghitung TT tambahan di semua rumah sakit. Kita juga sudah koordinasi dengan RS PKU Muhammadiyah Wonogiri, karena RS ini punya kapasitas 20 TT, maka kita jadikan sebagai isolasi terpusat juga,” tuturnya.

BERITA TERKAIT:
Alhamdulillah, Boyolali Zona Kuning Penyebaran Covid-19
Pelayanan Dinilai Lambat, Puskesmas Ngargoyoso Kena 'Semprot' Warga
Kematian Akibat Corona di Semarang Masih Tinggi
Terpapar Corona, Kepala Dinas Kesehatan Brebes Meninggal
Hari Ketujuh PPKM Darurat di Semarang, Dishub: Mobilitas Warga Turun 25 Persen
Pemkab Wonosobo Siapkan Lima Gedung Isolasi Terpusat
Penyekatan, Polrestabes Semarang Putarbalikkan 1096 Kendaraan

Adhi menjelaskan, alasan menjadikan RS PKU Muhammadiyah sebagai isolasi terpusat yakni untuk memudahkan penanganan pasien. “Prinsipnya, kenapa kita pilih PKU Muhammadiyah, karena hal itu demi memudahkan penanganan pasien. Selain itu, nakesnya juga sudah siap,” terangnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau agar setiap desa menyiapkan lokasi isolasi terpusat sesuai dengan petunjuk Bupati Wonogiri. Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri juga sudah menyiapkan fasilitas isolasi terpusat di Gedung PGRI Wonogiri.

“Tadi, bersama jajaran Satgas Penanganan Covid-19 melakukan pengecekan, termasuk Gedung PGRI. Nah, untuk gedung PGRI daya tampungnya bisa sampai 200 orang,” tukasnya.


tags: #corona #rumah sakit #wonogiri #tempat tidur

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI