Belum Terkalahkan Selama 33 Pertandingan, Italia Tantang Inggris

Italia dari enam laga yang telah mereka lewati sejak fase grup hingga semifinal Euro 2020, tercatat telah mengemas 12 gol dan tiga kali kebobolan.

Sabtu, 10 Juli 2021 | 20:30 WIB - Olahraga
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, London- Pertandingan seru bakal tersaji, Minggu (12/7/2021) dini hari WIB di Stadion Wembley, London. Dimana tuan rumah Inggris akan meladeni tamunya Timnas Italia dalam laga final Piala Eropa 2020. 

Sebagai penantang, Gli Azzurri memiliki rekor mentereng. Anak asuhan Roberto Mancini tersebut belum terkalahkan dalam 33 pertandingan terakhir. Rincian rekor unbeaten timnas Italia itu adalah 28 kemenangan dan lima hasil imbang. 

BERITA TERKAIT:
Bali United Wakili Indonesia di FIFA Internasional Player Transfer Course
Meski Masih Sakit, Bagnaia Mampu Juara MotoGP Italia
Uruguay Berhasil Jadi Juara Piala Dunia U-20, Israel Raih Posisi Tiga
Italia Vs Malta: Gli Azzurri Menang Dua Gol Tanpa Balas
Hengkang dari Chelsea, Jorginho Resmi Berseragam Arsenal

Terakhir kali Italia kalah, pada 3 tahun lalu saat bertemu Portugal atau tepatnya pada 10 September 2018. Saat itu Italia kalah 1-0 pada fase grup UEFA Nations League.

Di Euro 2020, Italia selalu menang dan tak pernah mencatatkan hasil seri. Pada fase grup, Italia keluar sebagai juara grup A setelah mengalahkan tiga tim lainnya yakni Turki, Swiss, dan Wales. Di fase grup itu, Italia tercatat mencetak 7 gol dan tak kebobolan sama sekali.

Pada fase 16 besar, Italia berhasil mengatasi perlawanan runner up Grup C, Austria dengan skor tipis 2-1. Maju ke babak berikutnya timnas Italia harus berhadapan dengan tim peringkat satu FIFA, timnas Belgia. 

Di pertandingan yang berlangsung ketat itu, Italia kembali menunjukkan kualitasnya dengan menumbangkan generasi emas Belgia 2-1. Perjalanan Italia terus diukir, saat mencapai semifinal dan harus menghadapi tim kuat Eropa lainnya yakni Spanyol. 

Hingga waktu normal laga Italia vs Spanyol berjalan dengan skor imbang 1-1 dan harus diselesaikan lewat drama adu pinalti. Pada babak adu penalti, eksekutor pertama timnas Italia, Manuel Locatelli, gagal menunaikan tugasnya. Beruntung Italia tendangan Dani Olmo melambung dan Gianlugi Donnarrumma sukses menepis tembakan Alvaro Morata. Sehingga membuat Timnas Italia melaju ke final Euro 2020 setelah mengalahkan Spanyol 4-2. 

Italia dari enam laga yang telah mereka lewati sejak fase grup hingga semifinal Euro 2020, tercatat telah mengemas 12 gol dan tiga kali kebobolan.

Angka statistik itu membuat, Italia berada diperingkat kedua bersama Denmark dalam daftar tim tersebur Euro 2020. Timnas Italia dan Denmark hanya kalah dari Spanyol yang berhasil mencetak 13 gol dari enam laga Euro 2020

Pemain pemain Italia yang telah mencetak gol yakni Nicolo Barella, Manuel Locatelli, Matteo Pessina, Federico Chiesa, Ciro Immobille, dan Lorenzo Insigne. Lima nama terakhir merupakan pemain yang sudah menyumbang dua gol untuk timnas Italia. Dan hanya Nicolo Barella yang sejauh ini baru mencetak satu gol. 

Adapun satu gol timnas Italia lainnya tercatat atas bunuh diri bek timnas Turki, Merih Demiral. 

Selain itu, ada angka statistik menarik lainnya dari Timnas Italia. Ternyata selama enam pertandingan yang telah dilewati hanya ada tiga pemain yang selalu diturunkan Roberto Mancini sejak awal laga. Tiga pemain itu adalah Gianluigi Donnarumma, Leonardo Bonucci, dan Jorginho. 
 

***

tags: #italia #piala eropa #inggris #stadion wembley #euro 2020

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI