Menko Polhukam Mahfud Md. Foto istimewa.

Menko Polhukam Mahfud Md. Foto istimewa.

Menko Polhukam Imbau Masyarakat Laksanakan Shalat Id di Rumah Masing masing

Ritual menyembelih kurban ada aspek spiritual dalam rangka taqorrub, mendekat kepada Allah.

Senin, 19 Juli 2021 | 14:10 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Jelang pelaksanaan perayaan Iduladha yang jatuh pada Selasa (20/7/2021), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memberikan imbauan ke masyarakat untuk melaksanakan shalat Iduladha di rumah masing-masing serta melaksanakan kurban dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam siaran persnya, Senin (19/7). "Mari kita rayakan sesuai situasi dan kondisi, yaitu situasi COVID-19, oleh sebab itu kita tidak melakukan kerumunan. Sebaiknya shalat dilakukan di rumah masing-masing sebagaimana fatwa lembaga keagamaan. Penyembelihan kurban dilakukan dengan protokol kesehatan agar menjaga diri kita dan orang lain," ucapnya.

Imbauan tersebut dikeluarkan oleh Menko Polhukam sebagai Koordinator Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Penanganan Pandemi Virus Corona sebagaimana diatur dalam Inpres No. 6/2020 tentang Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Penanganan COVID-19.

BERITA TERKAIT:
Mahfud: Selalu Ada Kelompok Tidak Murni Manfaatkan Situasi
Menko Polhukam Imbau Masyarakat Laksanakan Shalat Id di Rumah Masing masing
Fadli Zon Minta Presiden Jokowi Pimpin Langsung Penanganan Covid-19
Mahfud Md Batalkan Kunker-Tunda Resepsi Pernikahan Ponakan
Diskusi RUU KUHP Sudah 50 Tahun, Mahfud Md: Berlebihan
Mahfud Md: Kalau Saya Presiden, Novel Baswedan Jaksa Agung
Korupsi Makin Parah, Mahfud MD: Perguruan Tinggi Harus Tanggung Jawab

“Ritual menyembelih kurban ada aspek spiritual dalam rangka taqorrub, mendekat kepada Allah. Karena itu kalau kondisi membatasi kita berkerumun, mari kita taqorrub, berkurban untuk mendekat kepada Allah agar diberi bimbingan, diberi kesehatan, dan dihindari dari COVID," jelasnya.

Sebelumnya hal hampir sama juga disampaikan Wakil Presiden Maruf Amin pada hari Minggu (18/7). Maruf mengaku telah bertemu MUI dan sejumlah ormas Islam dan sepakat imbau masyarakat bahwa pelaksanaan salat Iduladha dilaksanakan di rumah, takbiran digelar secara virtual, dan penyembelihan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan.


tags: #menko polhukam mahfud md #iduladha #protokol kesehatan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI