Swab petugas pemotongan hewan kurban di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes. Foto: Kuasakatacom.

Swab petugas pemotongan hewan kurban di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes. Foto: Kuasakatacom.

Cegah Penyebaran Covid-19, Petugas Pemotong Hewan Kurban di Swab

DPKH Kabupaten Brebes memiliki enam RPH, dengan junlah petugasnya sebanyak 43 orang.

Senin, 19 Juli 2021 | 20:15 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Brebes - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes melakukan langkah antisipasi penyebaran Covid-19 dengan melakukan swab kepada seluruh petugas pemotongan hewan kurban yang sehari-seharinya bertugas di rumah pemotongan hewan (RPH).

"Untuk pelaksanan kurban tahun ini (Hari Raya Idul Adha 1443 H)  lebih diperketat  lagi  pelaksanaannya karena diberlakukannya PPKM Mikro Darurat. Jadi, kita sudah mulai pemeriksaan hewan di  kelompok peternak  beberapa bulan yang lalu, ke lapak -lapak dan juga ke.panitia kurban serta pada Rabu, 21 Juli 2021 kita imbau memotong hewan kurban di RPH," kata Kepala DPKH Kabupaten Brebes, drh Ismu Subroto kepada wartawan di sela-sela swab petugas pemotongan hewan kurban di dinas setempat, Senin (19/7).

Ia menambahkan, petugas pemotongan hewan kurban di RPH menjalani test swab serentak pada hari ini. Bagi yang reaktif positif Covid-19 maka yang bersangkutan dilarang bertugas untuk memotomg hewan kurban.

BERITA TERKAIT:
Cegah Penyebaran Covid-19, Petugas Pemotong Hewan Kurban di Swab
Kepala Dinas Kesehatan Brebes Meninggal Positif Covid-19
Terpapar Corona, Kepala Dinas Kesehatan Brebes Meninggal
Tenggelam di Sungai Lembarawa Brebes, Seorang Bakul Jamu Ditemukan Meninggal
Elf Terjun ke Jurang di Brebes, Sopir Tewas dan 4 Penumpang Luka-luka
Guru PAUD Diajak Tumbuhkan Keselamatan Berlalu Lintas Sejak Dini 
Server PPDB Lemot, Orang Tua Calon Siswa Datangi Sekolah

"Memang kita berlakukan agak ketat untuk aturan yang satu ini dan sesuai dengan Surat Edaran Bupari Brebes, juknis pelaksanaan kurban juga sudah ada. Sehingga, kita persiapananya lebih matang, semua dilakukan   agar tidak ada penyebaran Covid-19," tandasnya.

Ismu mengemukakan, DPKH Kabupaten Brebes memiliki enam RPH, dengan junlah petugasnya sebanyak 43 orang.

"Ada dua petugas pemotong hewan di RPH  saat di swab di DPKH Kabupaten Beebes hari ini yang positif terpapar Covid-19. Keduanya tidak bertugas di RPH pada saat pemotongan hewan kurban karena harus menjalani isolasi mandiri (isoman). 

Ismu menerangkan, saat dilakukan pemeriksaan hewan di lapak-lapak yang tersebar di wilayah Kabupaten Brebes tidak ditemukan hewan yang sakit alias semua hewan dalam keadaan sehat untuk dikurbankan.

"Sejak awal memang kita perketat pemeriksaan hewan -hewan untuk kurban. Demikian juga dengan petugasnya yang melakukan pemotongan hewan di RPH juga di swab. Ini dilakukan agar pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di wilayah Kabupaten Brebes berjalan dengan aman dan nyaman di saat situasi pandemi Covid-19 masih mengancam," pungkas Ismu.


tags: #brebes #swab #kurban #dpkh

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI