Ilustrasi salat Id, Foto: Istimewa

Ilustrasi salat Id, Foto: Istimewa

Warga Kudus Gelar Salat Iduladha di Lapangan

Kasus Covid-19 di desa tersebut sudah nihil.

Selasa, 20 Juli 2021 | 09:57 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kudus - Warga Desa Ngembalrejo Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Jawa Tengah tetap menggelar salat Iduladha. Pelaksanaan salat digelar di lapangan dengan saf berjarak.
Salat dimulai sekitar pukul 06.00 WIB, Selasa (20/7). Salat Idul Adha digelar di lapangan Jambu Bol Dusun Kauman Desa Ngembalrejo Kecamatan Bae. Lokasi salat id diamankan Babinsa dan Bhabinkamtibmas desa setempat.

Warga yang hadir menerapkan protokol kesehatan. Mulai membawa masker, tiba di lokasi mencuci tangan hingga berjaga jarak. Sebagai iman dan khotib yakni ustad Muhammad Khoirudin.

Sekitar pukul 07.00 WIB salat Iduladha selesai. Warga pun langsung pulang ke rumah masing-masing. Tokoh masyarakat Umar mengatakan bahwa masyarakat sebenarnya sudah paham benar terkait dengan imbauan agar salat Iduladha di rumah saja. Namun warga sepakat untuk tetap melaksanakan salat Id.

BERITA TERKAIT:
Warga Kudus Gelar Salat Iduladha di Lapangan
Wapres Minta Warga Salat Iduladha di Rumah
MUI Jateng Ajak Umat Muslim Salat Iduladha di Rumah
Menag akan Revisi Panduan Salat Iduladha-Kurban Sesuai PPKM Darurat
Khotbah di MAJT, Prof Noor Kupas Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Alquran 
Pengumuman! Masjid Ageng dan Masjid Agung Boyolali Tidak Selenggarakan Salat Iduladha
Menag Minta Warga Pastikan Lingkungan Aman Covid-19 untuk Gelar Salat Iduladha

"Jadi ini sebetulnya paham betul apa yang telah disampaikan oleh pemerintah kita, kami di sini karena bersinggungan langsung dengan masyarakat inilah yang menjadi problema kami. Kurun waktu habis Idul Fitri kemarin muncul pandemi dan lain sebagainya," terang Umar.

Menurutnya kasus Covid-19 di desanya sudah nihil. Disebutkan sudah tidak ada warga terkena virus corona. Sehingga memilih tetap menyelenggarakan salat Id.

"Masyarakat sudah sudah taat sampai dengan kemarin. Data yang ada di kami, bahwa saat ini Dusun Kauman tidak ada warga isolasi mandiri tidak ada warga yang terpapar. Sehingga warga balik menuntut kami, kami taat selama ini tinggal melaksanakan salat Idul Adha tidak diselenggarakan. Dengan berat hati kami terpaksa melakukan salat Idul Adha ini," jelasnya.

Pelaksanaan salat Iduladha pun, kata dia, dilakukan dengan menerapkan prokes secara ketat. Warga wajib membawa masker hingga warga yang kurang sehat diminta untuk melaksanakan salat di rumah saja.

"Kami menyelenggarakan salat Idul Adha dengan prokes dengan satu hektare ini jamaahnya sekitar 300, jaraknya 2 meter. Kita sudah menyediakan cuci tangan pakai sabun, pakai masker wajib. Kita pakai semprotan jadi jamaah hadir disemprot dengan disinfektan dan ecoenzym kemudian pakai prokes. Bahwa yang sakit flu mohon tidak hadir, bagi mudik salat id di rumah saja," pungkasnya.


tags: #salat iduladha #kabupaten kudus

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI