Foto istimewa.

Foto istimewa.

Bupati kebumen Jadi Imam Sekaligus Khatib Shalat Id di Rumah Dinasnya

Arif mengingatkan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 21, 22 dan 23 Juli.

Selasa, 20 Juli 2021 | 12:59 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Kebumen- Pemerintah telah mengeluarkan imbauan untuk melaksanakan Shalat Id di rumah saja, begitu juga dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen juga telah menyerukan hal serupa. Oleh itu, Selasa (20/7/2021) pagi, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto beserta keluarganya menjalankan ibadah salat Iduladha di rumah dinas bupati.

Selaku imam sekaligus khatib dalam Shalat Id tersebut, Arif sendiri. Ia mengenakan jubah biru dan sorban putih saat shalat tersebut. Terlihat istri, anak, serta sejumlah pegawai yang bertugas di rumah dinas mengikuti shalat itu.

Arif menyatakan Shalat Id di rumah tersebut sesuai dengan anjuran Menteri Agama dan MUI. "Sesuai anjuran Bapak Menteri Agama dan MUI, masyarakat, khususnya umat Islam, diminta melaksanakan salat Iduladha di rumah masing-masing," katanya.

BERITA TERKAIT:
Bupati kebumen Jadi Imam Sekaligus Khatib Shalat Id di Rumah Dinasnya
Minggu Besok, "Kebumen di Rumah Saja" Mulai Diterapkan

Shalat berjamaah di masjid atau lapangan, menurut Arif, hukumnya sunnah. Sedangkan, menjaga diri dari penyakit atau wabah itu wajib.

Sebelumnya Bupati Kebumen telah menyerahkan hewan kurban sebanyak 10 ekor sapi, yang Ia beli dari peternak lokal menggunakan dana pribadi. hewan kurban itu, akan dibagikan ke berbagai titik, seperti di masjid, pondok pesantren, rumah tahanan, dan masyarakat. 

Arif mengingatkan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 21, 22 dan 23 Juli. Hal itu dilakukan agar mengindari kerumunan. Tidak hanya itu Bupati Kebumen itu juga minta masyarakat untuk tidak berkumpul. 

Terkait dengan pemotongan hewan kurban Arif minta dilakukan oleh petugas dan dagingnya dibagikan panitia ke rumah-rumah warga.

Bupati Arif, usai salat Iduladha dijadwalkan membagikan beras kepada warga di Pendopo Kabupaten Kebumen. Bansos tersebut disalurkan kepada masyarakat yang terkena dampak PPKM darurat.


tags: #bupati kebumen #hewan kurban #shalat id

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI