Tim Animal Rescue Damkar Klaten mengevakuasi sapi kurban yang lepas, Foto dokumen Damkar Klaten, Foto: Istimewa

Tim Animal Rescue Damkar Klaten mengevakuasi sapi kurban yang lepas, Foto dokumen Damkar Klaten, Foto: Istimewa

Damkar Klaten Jinakkan Sapi Kurban Lepas hingga Dini Hari

Tim menggunakan galah yang dikaitkan tambang, ujungnya diikatkan ke batang pohon.

Rabu, 21 Juli 2021 | 11:10 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Klaten - Tim Animal Rescue Markas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Klaten menurunkan tim khusus untuk menangkap kembali sapi kurban milik warga yang lepas. Penjinakkan butuh waktu hingga dini hari.

Tim Damkar menerima laporan dari warga di Desa Pakahan Jogonalan Klaten bahwa ada sapi yang lepas dan sulit ditangkap kembali. "Kita tangani dari pukul 03.00 sampai sekitar pukul 04.30 WIB menjelang subuh. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut," ungkap Tim animal rescue Markas Damkar Pemkab Klaten Edy Setiawan, Rabu (21/7) pagi.

Ia menjelaskan sekitar pukul 00.30 WIB markasnya mendapatkan pengaduan sapi lepas dari ibu Wilis di Desa Pakahan. Tim regu 2 yang piket kemudian menyiapkan empat orang. "Empat orang anggota berangkat ke lokasi. Peralatan yang kita punya tali dan galah dibawa ke lokasi," imbuhnya.
  
Di lokasi, ia mengatakan satu ekor sapi ukuran cukup besar lepas dari lokasi penampungan hewan kurban. "Tempat penampungan hewan kurban di lapangan. Sapi dilokalisir warga agar tidak masuk ke permukiman sehingga tidak ada korban luka atau barang rusak," kata Edy.

BERITA TERKAIT:
Damkar Klaten Jinakkan Sapi Kurban Lepas hingga Dini Hari
Terperosok ke Parit, Sapi Kurban Dievakuasi Pakai Crane

Tim kemudian mendekati sapi dengan galah yang dimiliki. Di ujung galah dikaitkan tambang yang ujungnya diikatkan ke batang pohon. "Simpul yang diletakkan di ujung galah dimasukkan ke leher sapi dan akhirnya bisa. Tali tambang panjang 30 meter ujungnya diikat ke pohon," lanjutnya.

Di Desa Sajen Kecamatan Trucuk Klaten juga dilaporkan ada seekor sapi kurban juga lepas yang mengamuk. Sapi lepas setelah tapi di lehernya putus sehingga sulit dikendalikan. "Sapi lepas karena tali pengikat leher putus. Jagal sempat terluka," kata penasihat relawan cepat tanggap darurat (RCTD) Eko Santoso.


tags: # sapi kurban # damkar pemkab klaten #lepas

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI