Ombudsman Minta KPK Segera Lantik 75 Pegawainya yang Tak Lolos TWK

Ombudsman juga meminta agar pegawai KPK yang dinyatakan tidak memenuhi syarat diberikan kesempatan untuk memperbaiki melalui pendidikan kedinasan.

Rabu, 21 Juli 2021 | 14:25 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Ombudsman RI meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengangkat 75 pegawainya yang dinyatakan tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) menjadi Aparatur Sipil Negara (ANS) sebelum tanggal 30 Oktober 2021.

Dalam konferensi pers, Rabu (21/7/2021), Anggota Ombudsman RI Robert Na Endi Jaweng, mengatakan pihaknya menemukan pelbagai maladministrasi dalam proses TWK. "Hakikat peralihan status pegawai KPK menjadi ASN sesuai dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 dan PP Nomor 41 Tahun 2020 serta maladministrasi dalam proses penyusunan Peraturan KPK Nomor 1 Tahun 2021, proses pelaksanaan asesmen TWK, maka terhadap 75 pegawai KPK tersebut dialihkan statusnya menjadi pegawai ASN sebelum tanggal 30 Oktober 2021," jelasnya.

"Atas pendapat dan temuan, Ombudsman menyampaikan tindakan korektif yang ditujukan pada KPK," ucap Robert .

BERITA TERKAIT:
Firli Resmi Buka Diklat Bela Negara 18 Pegawai KPK Tak Lolos TWK
Ombudsman Minta KPK Segera Lantik 75 Pegawainya yang Tak Lolos TWK
18 dari 24 Pegawai KPK Tak Lolos TWK akan Ikut Diklat Bela Negara di Unhan
KPK Pelajari Vonis Lima Tahun Edhy Prabowo
Intimidasi Seorang Saksi, Dua Penyidik KPK Disanksi Dewas KPK
Firli: KPK Perlu Keterangan Anies di Kasus Lahan DKI
ADPAKI: Masyarakat Kampus Wajib Berkontribusi Wujudkan Indonesia Bebas Korupsi

KPK juga diminta oleh Robert untuk memberikan penjelasan kepada pegawai KPK perihal konsekuensi pelaksanaan TWK dan hasilnya dalam bentuk informasi atau dokumen sah. 

Tidak hanya itu, Ombudsman juga meminta agar pegawai KPK yang dinyatakan tidak memenuhi syarat diberikan kesempatan untuk memperbaiki melalui pendidikan kedinasan tentang wawasan kebangsaan. "Hasil TWK hendaknya menjadi bahan masukan untuk langkah-langkah perbaikan dan tidak serta merta dijadikan dasar untuk memberhentikan 75 pegawai yang tidak memenuhi syarat TWK," katanya.


tags: #kpk #ombudsman #twk #asn

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI