Menko Marves Sebut Jepara Berhasil Redam Lonjakan Kasus

Jepara ini menunjukkan tren penurunan penambahan kasus terkonfirmasi, dan perawatan di rumah sakit cukup signifikan.

Rabu, 21 Juli 2021 | 18:35 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jepara- Kabupaten Jepara dinilai berhasil meredam lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 secara signifikan. Sejalan dengan itu, pasien yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit juga berkurang. Hal tersebut dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

“Jepara ini menunjukkan tren penurunan penambahan kasus terkonfirmasi, dan perawatan di rumah sakit cukup signifikan,” kata Menko Marves saat memberikan arahan secara virtual kepada para kepala daerah, Rabu (21/7/2021).

Pertemuan daring itu membahas implementasi PPKM level 4 Jawa dan Bali. Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama forkopimda, dan sejumlah pejabat perangkat daerah, mengikuti arahan tersebut di peringgitan dalam Pendopo Kartini.

BERITA TERKAIT:
Wapres: Maksimalkan Upaya Menekan Laju Penyebaran Covid-19
Bupati Jepara Beri Bantuan Relawan Covid-19
Dian Kristiandi Salurkan 500 Paket Sembako ke Warga Terdampak Pandemi
Disdukcapil Jepara Dekatkan Pelayanan Adminduk di Desa Lewat Sikumisku
Menko Marves Sebut Jepara Berhasil Redam Lonjakan Kasus
PPKM Darurat Hampir Berakhir, BOR Rumah Sakit di Jepara 42 Persen
Berikan 600 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19, Bupati Jepara Apresiasi Bank Jateng

Luhut menyebut PPKM level 4 menggantikan PPKM darurat, meski secara substansi tetap sama. Pemberlakuan kebijakan ini diterapkan mulai tanggal 21 hingga 25 Juli 2021. “Ketentuan dalam PPKM level 4 sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021. Di mana secara substansi pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat Jawa Bali sama dengan aturan PPKM darurat,” ujarnya.

Berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021, terdapat sejumlah daerah di Jawa dan Bali yang memiliki risiko penularan Covid-19 di level 3 dan 4. Dalam instruksi itu Kabupaten Jepara masuk dalam kriteria level 3 penularan Covid-19.

Selanjutnya, pada 26 Juli akan dilakukan evaluasi lebih lanjut mengenai daerah-daerah dan sektor usaha yang bisa dilakukan relaksasi. Menko Marves menyebut, ada tiga indikator acuan yang harus terpenuhi terlebih dulu. Yakni, penurunan mingguan pada kasus konfirmasi, perawatan, dan tingkat keterisian tempat tidur Covid-19 di rumah sakit. 


tags: #jepara bangkit

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI