Kepala Disdukcapil Jepara Sri Alim Yuliatun, dalam dialog interaktif di Radio Kartini, pada Rabu (21/7/2021).

Kepala Disdukcapil Jepara Sri Alim Yuliatun, dalam dialog interaktif di Radio Kartini, pada Rabu (21/7/2021).

Disdukcapil Jepara Dekatkan Pelayanan Adminduk di Desa Lewat Sikumisku

Sebenarnya aplikasi ini sudah dimulai tahun 2019 lalu.

Rabu, 21 Juli 2021 | 19:59 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jepara- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jepara mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan di desa lewat aplikasi mutasi data kependudukan (Sikumisku). Aplikasi ini bertempat di desa atau kelurahan dan digawangi oleh perangkat atau operator desa masing-masing.  

Hal ini disampaikan Kepala Disdukcapil Jepara Sri Alim Yuliatun, dalam dialog interaktif di Radio Kartini, pada Rabu (21/7/2021). Ikut mendampingi Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Wahyanto. 

Disampaikan, kemudahan yang diberikan lewat Sikumisku ini, jika dulu masyarakat sebelum mengajukan permohonan adminduk harus mengisi formulir, dengan Sikumisku dan dibantu oleh perator desa tinggal klik NIK maka data pemohon akan muncul secara otomatis. Pemohon tinggal mengisi formulir sesuai kebutuhannya saja, tidak perlu mengisi data dari awal karena data di sistem sudah muncul. 

BERITA TERKAIT:
Wapres: Maksimalkan Upaya Menekan Laju Penyebaran Covid-19
Bupati Jepara Beri Bantuan Relawan Covid-19
Dian Kristiandi Salurkan 500 Paket Sembako ke Warga Terdampak Pandemi
Disdukcapil Jepara Dekatkan Pelayanan Adminduk di Desa Lewat Sikumisku
Menko Marves Sebut Jepara Berhasil Redam Lonjakan Kasus
PPKM Darurat Hampir Berakhir, BOR Rumah Sakit di Jepara 42 Persen
Berikan 600 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19, Bupati Jepara Apresiasi Bank Jateng

“Kalau mengisi formulir manual butuh waktu 10 menit. Dengan aplikasi Sikumisku tinggal klik butuh 2 hingga 5 detik saja,” kata Sri Alim. 

Sebenarnya aplikasi ini sudah dimulai tahun 2019 lalu, namun baru diterapkan di 3 kecamatan yaitu Karimunjawa, Jepara, dan Tahunan. Sedangkan tahun 2020 sudah diperluas lagi jangkauannya untuk seluruh kecamatan dan desa yang ada di Jepara. 

“Bulan Maret 2021 ini, kita mulai maksimalkan kembali pengurusan administrasi kependudukan di tingkat desa lewat Sikumisku,” kata Sri Alim. 

Dalam pengisian Sikumisku dengan dibantu operator desa, setelah klik NIK data muncul kemudian mengisi formulir sesuai permohonannya. Setelah tahapan tersebut, masyarakat dipersilahkan ke kecamatan apabila mengurus KK atau KTP atau melalui pelayanan online (cek adminduk). Termasuk apabila ingin mengurus Akta Kelahiran, Akta Kematian, Surat Pindah atau datang serta KIA.  

“Sehingga tidak perlu repot untuk datang ke kantor Disdukcapil Jepara, apalagi saat ini masa pandemi,” kata dia. 

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Wahyanto menambahkan, saat ini belum banyak masyarakat yang tahu aplikasi Sikumisku ini. Sehingga perlu disosialisasikan kepada masyarakat desa. 

“Untuk kendala teknis saya pikir tidak ada. Karena desa semuanya sudah komputerisasi dan sudah terjangkau fasilitas internet termasuk di Desa Desa Parang, Karimunjawa,” kata dia.


tags: #jepara bangkit

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI